Pantau Flash
Menkes Terawan: 9 WNI Positif Korona di Diamond Princess Tidak Sakit Berat
Kompetisi J-League Ditunda Akibat Virus Korona
Pemerintah Berikan Diskon Tarif Pesawat Akibat Serangan Korona
Komisi III DPR RI Desak MenkumHAM Yasonna Laoly Evaluasi Pegawai
Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Mahasiswa IPB Jadi Petani Modern

Jokowi: Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan Timur

Headline
Jokowi: Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan Timur Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Ibu Kota Indonesia akan pindah ke Kalimantan Timur. Hal itu disampaikan Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2019)

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur, " kata Jokowi.

Baca juga: 7 Gempa Bumi yang Pernah Guncang Kaltim, Provinsi Calon Ibu Kota Baru RI

Sebelumnya, Provinsi Kaltim sudah ramai diperbincangkan akan menjadi Ibu Kota Indonesia ke depan menggantikan Jakarta. Hal itu disampaikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil. Namun dikoreksi kembali olehnya dengan mengatakan jika Kaltim masih alternatif dan diputuskan oleh Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga pernah menyampaikan Ibu Kota Indonesia akan akan pindah ke Kalimantan. "Ibu kota negara kita akan pindah ke Pulau Kalimantan. Letaknya  bisa di Kalteng, Kaltim, atau Kalsel," tulis Jokowi melalui akun Twitter-nya @jokowi yang dikutip Pantau.com, Kamis 8 Agustus lalu.

Baca juga: Ini Deretan Keunggulan Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru Indonesia

Mantan Wali Kota Solo itu menambahkan, pemindahan ibu kota merupakan visi misi ke depan dari Indonesia sendiri. Kendati begitu, ia mengatakan seluruh pihak masih terus mengkaji pemindahan itu.

Dalam menyampaikan lokasi ibu kota baru, Jokowi turut didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Nasional

Berita Terkait: