Pantau Flash
Penerima Vaksin COVID-19 Dosis Pertama Capai 23 Juta Orang di Indonesia
84,3 Persen Masyarakat Ingin Presiden Tetap Dipilih Rakyat, Bukan MPR
Survei SMRC: 52,9 Persen Warga Indonesia Tolak Jokowi Maju Lagi dalam Pilpres 2024
COVID-19 RI 20 Juni: Kasus Harian Melonjak 13.737 dengan Kasus Kematian 371 Orang
Indonesia Kembali Terima 10 Juta Bahan Baku Vaksin COVID-19 Sinovac

Jokowi Minta Tak Ikut Campur Soal Kabinet, NasDem: Koalisi Sudah Tahu Itu!

Jokowi Minta Tak Ikut Campur Soal Kabinet, NasDem: Koalisi Sudah Tahu Itu! Partai NasDem (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Presiden terpilih Joko Widodo meminta kepada semua pihak agar tak mencampuri terkait penentuan kursi menteri dalam kabinetnya. Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate mengatakan bahwa pernyataan Jokowi tersebut sudah sejalan dengan sikap partainya.

"Memang dari awal NasDem begitu sikapnya. Itu sikapnya NasDem. Kalau soal kabinet itu hak prerogatif presiden. Makanya NasDem dari awal bilang kami serahkan sepenuhnya ke Pak Jokowi," kata Plate di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

"Bahkan nama pun kami enggak kasih, terserah Pak Jokowi. Itu silahkan Pak Jokowi, struktur kabinet, nomenklatur kabinet itu domain presiden terpilih," sambungnya. 

Baca Juga: Jokowi Singgung Partai Ikut Campur Soal Kabinet, PPP Klaim Tak Merasa

Johnny menilai bahwa pernyataan Jokowi tersebiut bukan bentuk peringatan kepada parpol koalisi agar tak ikut campur dalam penentuan kursi menteri. Menurutnya, partai dalam koalisi sudah sangat paham.

"Enggak ada peringatan, dia menyampaikan kepada masyarakat bahwa itu hak prerogatif presiden. Dari partai koalisi sudah tahu itu," ungkapnya. 

Lebih lanjut, menjurutnya penentuan anggota kabinet, NasDem menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi. NasDem juga siap untuk mendukung kebijakan Jokowi di parlemen. 

"Kami akan mendukung sepenuhnya kabinet Pak Jokowi agar sukses. Dan mengawal kebijakan presiden di parlemen. Jadi, enggak ada tanya lagi berapa jumlah kabinetnya dari partai apa saja. Siapa orangnya, tanyakan pada Pak Jokowi, dia yang akan memutuskan," tandasnya.

Baca Juga: Parpol yang Sibuk Usulin Nama Menteri, Coba Dengar Kata Jokowi Ini

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo menegaskan kembali bahwa susunan kabinet pemerintahan ke depan adalah hak prerogatif presiden.

"Yang sering saya sampaikan setiap saat ada pertanyaan itu saya sampaikan, konstitusi kita menyatakan bahwa itu adalah hak prerogatif presiden, jadi jangan ada yang ikut campur," kata Jokowi dalam sambutan saat peresmian pembukaan Konferensi Hukum Tata Negara VI Tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta pada Senin 2 September 2019.

Menurut Jokowi, menjelang pelantikan pemerintahan periode keduanya, kerap ada pihak yang menanyakan tentang susunan kabinet menteri. Presiden menegaskan kepada seluruh pihak untuk bersabar menunggu waktu pengumuman kabinet pemerintahan ke depan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: