Jokowi Resmi Buka Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo Hari Ini

Headline
Tangkapan layar - Presiden Jokowi saat membuka Muktamar Muhammadiyah di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/11/2022). (Foto: kanal YouTube tvMu Channel)

Pantau – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Muktamar Muhammadiyah ke-48 yang bertempat di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (19/11/2022) pagi.

Saat itu Presiden Jokowi menjelaskan soal ketergantungan manusia terhadap alam sangat tinggi. Indonesia dikaruniai potensi alam yang besar dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan bantuan Bapak-Ibu semuanya, selain hablu minallah dan juga hablu minannas, mohon juga diperkuat dengan hablu minalam, yang menekankan pentingnya kelestarian alam, yang menekankan pentingnya kelestarian lingkungan,” ujar Jokowi.

Jokowi meyakini dengan bantuan Muhammadiyah, Indonesia bisa menjadi sang surya yang menerangi dunia. Kemudian, orang nomer satu di Indonesia ini membuka Muktamar Muhammadiyah dan Muktamar ‘Aisyiyah ke-48.

“Selamat bermuktamar, dan dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, Muktamar Muhammadiyah dan Muktamar ‘Aisyiyah ke-48 saya buka hari ini,” kata Jokowi

Pemnbukaan ini ditandai dengan Jokowi menekan layar di depannya yang didampingi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Menko PMK Muhadjir Effendy, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini,

Dalam acara pembukaan itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Selain itu juga nampak dihadiri oleh sejumlah pejabat antara lain, Ketua DPR RI Puan Maharani. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Ketua Komisi Yudisial Mukti Fajar Nur Dewata, Wakil Presiden ke-10 RI Jusuf Kalla.

Kemudian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agama Yaqut Chollil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, wakil syekh dari Al Azhar Mesir, wakil dari Vatikan, Mufti Bosnia, penasihan Mufti Lebanon, serta Pejabat dari Bank Dunia.

Tentunya juga dihadiri oleh, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, dan Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini.

 

Tim Pantau
Editor
Firdha Rizki Amalia