Pantau Flash
Pemerintah Berikan Diskon Tarif Pesawat Akibat Serangan Korona
Komisi III DPR RI Desak MenkumHAM Yasonna Laoly Evaluasi Pegawai
Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Mahasiswa IPB Jadi Petani Modern
Polri: Pemilik Zat Radioaktif Ilegal yang Gemparkan Tangsel Pegawai BATAN
Ada Fenomena CENS dari Laut China Selatan dalam Banjir Jakarta

Jokowi Resmi Kirim 10 Nama Capim KPK, Bamsoet Yakin Selesai Periode Ini

Jokowi Resmi Kirim 10 Nama Capim KPK, Bamsoet Yakin Selesai Periode Ini Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Pantau.com/ Bagsakara Isdiansyah)

Pantau.com - Presiden RI Joko Widodo sudah secara resmi mengirimkan surat permintaan uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper Test) terhadap 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke DPR RI. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yakin Fit and Proper test akan selesai pada periode masa jabatan DPR 2014-2019.

"Ya kita harapkan Komisi III untuk bisa menyelesaikannya pada periode ini," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Baca Juga: Apakah 10 Nama Capim KPK yang Dipilih Pansel Akhiri Polemik?

Sementara ketika disinggung ada sejumlah nama capim yang dianggap oleh sebagian pihak bermasalah, Bamsoet mengatakan bahwa pimpinan DPR tak memiliki kuasa atas hal itu.

"Ya nanti tanya ke Komisi III. Pimpinan tidak memiliki kewenangan untuk mengomentari. nanti Komisi III yang akan melakukan pendalaman. Kami hanya menerima 10 nama dan akan men-deliver-nya ke Komisi III," ungkapnya.

Menurut Bamsoet, nantinya Komisi III yang berhak melakukan Fit and Proper test akan juga mendengarkan aspirasi masyarakat. Mendengarkan berbagai macam masukan untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih capim KPK.

Baca Juga: DPR Harap Jokowi Segera Kirim 10 Nama Capim KPK ke Senayan

"Kebiasaan kita di fit and proper itu adalah diterima di Komisi III. Komisi III menyampaikan ke publik untuk minta masukan. Beberapa waktu kemudian baru akan di fit and proper. Masukan-masukan itu yang akan jadi bahan di fit and proper tes. Misalnya ada masukan si calon A begini nanti dikonfirmasi saat fit and proper. Makanya nanti kalau punya catatan berikan saja ke Komisi III," tandasnya. 

Adapun 10 nama yang sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi Panitia Seleksi (Pansel) sebagai berikut:

1. Alexander Marwata

2. Irjen Firli Bahuri

3. I Nyoman Wara

4. Johanes Tanak

5. Lili Pintauli Siregar

6. Lutfi Jayadi Kurniawan

7. Nawawi Pomolango

8. Nurul Ghufron

9. Robby Arya Brata

10. Sigit Danang Joyo

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: