Jokowi Tunjuk Gibran Jadi Ketua INASPOC, PKS Ingatkan Etika: Sangat Terlihat Lagi Dikarbit

Headline
Gibran Rakabuming santai (Foto: YouTube Arnold Poernomo)Gibran Rakabuming santai (Foto: YouTube Arnold Poernomo)

Pantau – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Wali Kota Solo yang tak lain adalah anaknya sendiri, Gibran Rakabuming Raka, menjadi ketua pelaksana ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC).

Penunjukan ini dilakukan Jokowi lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan ASEAN Para Games XI Tahun 2022.

Keputusan Jokowi menunjuk anak sendiri menuai kritikan. Salah satunya datang dari Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera.

“Aneh, mestinya level pusat yang menggeluti bidang olahraga,” ujar Mardani, Rabu (22/6/2022).

Mardani menilai saat ini Jokowi sedang berusaha ‘mengkarbit’ Gibran untuk naik ke level yang lebih tinggi lagi. Justru Mardani kasihan terhadap Gibran.

“Kasihan Gibran, jadi sangat terlihat dikarbit, dipercepat prosesnya,” kara Mardani.

Mardani mengingatkan bahwa semua butuh proses, termasuk di dunia politik. Tidak instan, apalagi dipaksakan seperti yang dilakukan Jokowi saat ini kepada anaknya.

“Semua perlu proses. Kalau wali kota mau dipromosikan, bisa diberi event tingkat provinsi,” kata Mardani.

Bukan cuma itu, Mardani mengingatkan Jokowi untuk menjunjung etika dalam berpolitik dan bernegara. Terlebih saat ini Jokowi masih menjadi presiden, yang dapat dilihat seluruh rakyat.

“Bagus jika presiden benar-benar menjaga etika. Bagaimana pun Pak Jokowi adalah ayahnya Gibran. Seharusnya bisa menunjuk Menpora yang kasih tugas,” tegasnya.

 

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan