Kadiv Humas Polri: Jabatan Irjen Ferdy Sambo sebagai Kasatgasus Sudah Dinonaktifkan

Headline
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo. ANTARA/HO-Divisi Humas Polri.Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo. ANTARA/HO-Divisi Humas Polri.

Pantau – Mabes Polri menegaskan bahwa Irjen Pol. Ferdy Sambo telah dinonaktifkan dari jabatan sebagai Kepala Satuan Tugas Khusus (Kasatgassus).

Penonaktifan jabatan non struktural tersebut bersamaan dengan dinonaktifkannya jabatan Irjen Pol. Sambo sebagai Kadiv Propam Polri.

“Setelah jabatan struktural dinonaktifkan maka jabatan non struktural juga sudah tidak aktif,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Selasa (2/8/2022).

Diberitakan sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang menjadi timsus dalam pengungkapan kematian Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah Irjen Pol. Ferdy Sambo itu, turut mempertanyak soal status Irjen Pol. Ferdy Sambo sebagai Kasatgasus Polri.

“Kami akan kroscek dulu ke Polri apakah Pak Ferdy Sambo masih menjabat Kepala Satgassus atau tidak,” kata anggota Kompolnas, Poengky Indarti, saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Hal tersebut dilakukan guna menindaklanjuti aspirasi masyarakat agar jenderal bintang dua itu dinonaktifkan dari jabatan tersebut.

Sebelumnya juga, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi), Dr. Edi Hasibuan, mengatakan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo saat ini sudah tidak lagi menjabat sebagai Kasatgasus.

Dengan demikian, jelas Edi, Ferdy Sambo tidak lagi bisa mengintervensi penyidikan penembakan yang menewaskan Brigadir J.

“Jabatan Kasatgasus adalah jabatan tambahan sebagai Kadiv Propam Polri. Saat jabatan Kadiv Propam Polri dicabut, maka dengan sendirinya jabatan Kasatgasus yang disandangnya otomatis akan hilang,” kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (31/7/2022) malam.

“Ketika Ferdy Sambo menjabat Kadiv Propam, kata Edi, maka otomatis jabatan Kasatgasus akan dijabatnya dan ketika Ferdy Sambo sudah dinonaktifkan dari Kadiv Propam, maka jabatan Kasatgasus tidak dipegangnya lagi,” tambahnya.

 

Tim Pantau
Editor
Firdha Rizki Amalia