Kadiv Humas Polri: Timsus Fokus Selesaikan Berkas Perkara Kasus Pembunuhan Brigadir J

Headline
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (foto: Antara)

Pantau – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan timsus sedang fokus menyelesaikan berkas perkara kasus kematian Brigadir J. Hal ini dilakukan supaya secepatnya dilimpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU).

“Timsus fokus penyelesaian berkas perkara untuk segera dapat dilimpahkan ke JPU,” kata Dedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (15/8/2022).

Timsus menetapkan empat tersangka yakni Irjen Pol. Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Brigadir Kepala Ricky Rizal atau Bripka RR dan Kuat Maaruf atau KM (sopir/ART).

Keempat tersangka dijerat pasal pembunuhan berencana Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati, atau pidana penjara seumur hidup, atau selama-lamanya 20

Selain itu, tim inspektorat khusus (Itsus) juga telah menetapkan 31 orang personel Polri melanggar prosedur dalam menangani tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Irjen Pol. Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Dari 31 orang tersebut, sebanyak 16 orang perwira Polri ditempatkan di tempat khusus, yakni enam orang di Patsus Provost Mabes Polri dan 10 orang di Patsus Mako Brimob, Kelapa Dua Depok.

Anggota Polri yang terlibat pelanggaran prosedur penanganan TKP Duren Tiga juga diperiksa secara intensif terkait dugaan pelanggaran tindak pidana dalam upaya penghambatan penegakan hukum (obstraction of justice) seperti perusakan tempat kejadian perkara, pengaburan cerita, dan lainnya.

Diberitakan sebelumnya, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyebutkan bahwa kasus penembakan Irjen Ferdy Sambo terhadap Brigadir J hanyalah Allah, Brigadir J dan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi yang mengetahuinya.

“Yang pasti tahu apa yang terjadi ya Allah SWT, almarhum Brigadir J dan Bu PC,” kata Agus saat dikonfirmasi pada Minggu (14/8/2022).

“Kalaupun Pak FS dan saksi lain seperti Kuat, Riki, Susi dan Richard hanya bisa menjelaskan sepengetahuan mereka,” sambungnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Renalya Arinda