Pantau Flash
Berbeda dengan Muhammadiyah, PBNU Tetap Ikut POP Kemendikbud
Bukan 29 tapi 31 Perkantoran di DKI Dinyatakan Ditutup Akibat COVID-19
8 Anggota Paskibraka akan Kibarkan Merah Putih di Istana pada HUT RI
Bio Farma Lakukan Uji Klinis Tahap Ketiga Vaksin COVID-19 Hari Ini
Kasus Positif COVID-19 di RI Mencapai 118.753 per 6 Agustus 2020

Kapendam Cenderawasih Sebut Ratusan Pengungsi Ingin Kembali ke Wamena

Kapendam Cenderawasih Sebut Ratusan Pengungsi Ingin Kembali ke Wamena Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Eko Daryanto mengatakan sebanyak 385 pengungsi wamena ingin kembali ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, setelah kondisi Papua terkini dirasa aman.

"Setelah kunjungan kerja Presiden Joko Widodo bersama rombongan ke Wamena, sebanyak 385 pengungsi menyatakan keinginannya untuk kembali," kata Eko dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Identitas Aktor Kerusuhan Wamena Dikantongi, Polisi Tunggu Waktu Tepat

Mengenai kondisi Papua terkini, kata dia, Menteri Sosial Juliari P Batubara meminta bantuan dukungan pesawat hercules kepada Panglima TNI dalam rangka mendukung warga pengungsi Wamena untuk kembali ke Wamena.

"Menanggapi hal tersebut Panglima TNI Masekal Hadi Tjahyanto meminta kami, Kodam XVII/Cenderawasih dan Lanud Silas Papare untuk membantu menyediakan pesawat hercules tersebut selama tiga hari," katanya.

"Mungkin dengan melihat Wamena yang sudah aman dan kondusif, warga yang mengungsi ingin kembali lagi ke Wamena, untuk membantu mengembalikan perekonomian di Wamena," ujarnya.

Menurut dia, Kodam XVII/Cenderawasih bersama Lanud Silas Papare Jayapura akan berupaya untuk membantu warga yang ingin kembali ke Wamena, dengan menyediakan pesawat hercules yang akan digunakan untuk mengangkut warga tersebut.

"Kami dari TNI akan membantu warga pengungsi yang ingin kembali lagi ke Wamena," katanya.

Baca juga: Jokowi Prioritaskan Rehabilitasi Pasar Pasca Kerusuhan di Wamena

Seperti telah diberitakan sebelumnya, kehadiran Presiden Jokowi ke Wamena untuk memastikan bahwa situasi Papua terkini telah aman dan kondusif.

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi juga memerintahkan agar dalam waktu dua minggu Pasar Wouma di Wamena sudah harus selesai dibangun.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: