Karena Hal Ini, Anies Bawedan Datangi Vihara Petak Sembilan

Anies Baswedan (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti)Anies Baswedan (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti)

Pantau.com – Siapa sangka perayaan Imlek menjadi tradisi tersendiri bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia pun mengunjungi Vihara Dharma Bhakti, di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat setiap tahunnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Anies selalu mengajak anak-anaknya, untuk berbelanja atau sekedar mengunjungi Pasar Petak Sembilan. Namun, pada tahun ini Anies hanya mengajak anak ketiganya Kaisar Hakam Baswedan, yang selalu ia genggam erat saat berjalan.

“Selamat tahun baru Imlek ke 2569, Gong Xi Fa Cai,” kata Anies saat berkunjung di Vihara Dharma Bhakti, Jalan Kemenangan III, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, Jumat (16/2/2018).

Dalam kunjungannya kali ini, Anies sengaja mengajak Kaisar untuk mengajarkan sang anak pentingnya lintas budaya dalam kehidupan.

“Saya ini datang kesini biasanya tiap Imlek bawa dua-duanya, terus yang kecil (Ismail Hakim) lagi belajar sama gurunya,” imbuh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Selain mengajarkan toleransi lintas budaya dan beragama, Anies berkata kedatangannya di Vihara juga menjadi pengalaman tersendiri bagi anak-anaknya, “Pengalaman sendiri buat mereka,” kata Anies.

Tak hanya itu, tujuan lainnya ia mengajak anaknya lantran ingin meneruskan kebiasaan berbelanja pakaian di Pasar Petak Sembilan setiap tahunnya, baik pakaian Belanda, atau bahkan pakaian adat tionghoa pada saat perayaan Imlek.

“Bahkan kita biasanya tahun ini jalan di gang, disitu ada toko pakaian petak Sembilan, belanja pakaian Belanda. Nanti cari baju ukurannya sudah berubah sekarang, mudah-mudahan kalau keburu,” ucap Anies.

Tak hadirnya sang istri untuk menemani, bukan tanpa alasan. Sang istri harus menunggui ibunya yang tengah sakit. “Ibu harus ngurusin ibu, ibu mertua saya baru selesai dari keluar rumah sakit,” katanya.

Di vihara Anies berkeliling, dan tak jarang sesekali menanyakan berbagai ornamen lilin, patung dan berbagai simbol kebudayaan lainnya kepada pihak pengelola Vihara Bambang. Anies lalu meninggalkan vihara sekitar pukul 11.30 WIB.

Tim Pantau
Penulis
Adryan N