Kejagung Kembali Periksa eks Komisaris dan Senior Vice President Waskita Karya soal Korupsi Dana BUMN

Headline
PT Waskita Beton Precast (Foto: Istimewa)

Pantau – Empat orang saksi diperiksa tim penyidik pada Direktorat Jampidsus Kejaksaan Agung atau Gedung Bundar Kejagung, terkait kasus penyelewengan dana di PT. Waskita Beton Precast pada 2016-2020.

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana pada keterangan tertulis Rabu (29/6/2022) Malam mengungkapkan, empat saksi tersebut terdiri dari dua orang level direksi dan dua manajer.

“4 (empat) orang saksi yang terkait dengan perkara dugaan Korupsi penyimpangan dan atau penyelewengan dalam Penggunaan Dana PT. Waskita Beton Precast pada 2016 sampai 2020,” ujarnya.

Mereka adalah, HG (Eks Komisaris PT. Waskita Beton Precast) yang diperiksa terkait proyek KLBM dan supplier PT. Sinar Indah Kencana.

“HG selaku Mantan Komisaris PT. Waskita Beton Precast periode tahun 2018 sampai 2020, diperiksa terkait dengan proyek KLBM dan supplier PT. Sinar Indah Kencana,” katanya.

I (Senior Vice President (SVP) Akuntansi PT. Waskita Karya), terkait laporan keuangan PT. Waskita Beton Precast.

Kemudian RAP dan IB masing masing selaku general manager keuangan dan manajer peralatan diperiksa soal laporan keuangan dan pengadaan peralatan PT. Waskita Beton Precast, proyek KLBM dan Tetrapod.

Diberitakan sebelumnya, Kapuspenkum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengungkapkan, pihaknya telah meningkatkan status penyelidikan ketahap penyidikan pada kasus yang diduga merugikan negara Rp1,2 triliun ini.

Ketut mengatakan, kerugian negara akibat adanya penyimpangan dalam 5 kegiatan di antaranya terkait pengadaan batu split dan jual beli tanah Bojonegara, Serang, Banten. (Laporan: Syrudatin)

Tim Pantau
Editor
M. Abdan Muflih