Pantau Flash
Rekor Lagi! Kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak Naik 8.369 Hari Ini
Lemhannas: Benny Wenda Tidak Punya Kewenangan untuk Deklarasi Papua Barat
Ditangkap Bareskrim di Bogor, Ustadz Maaher Jadi Tersangka Kasus UU ITE
Dari Penggeledahan Rumah Dinas Edhy Prabowo, KPK Temukan Uang Rp4 Miliar
Positif COVID-19, Kasudin Pendidikan Jaktim Meninggal Dunia

Keluarga Minta Jenazah Narapidana Cai Changpan Dipulangkan ke China

Keluarga Minta Jenazah Narapidana Cai Changpan Dipulangkan ke China Selebaran DPO Cai Changpan yang diterbitkan Polda Metro Jaya. (Foto: Antara/HO-Polda Metro Jaya)

Pantau.com - Keluarga narapidana Lapas Kelas I Tangerang, Cai Changpan, telah mengajukan permintaan agar jenazah dipulangkan ke kampung halaman di China.

"Walaupun sudah ada permintaan dari keluarga (jenazah dipulangkan), tapi tetap harus nunggu keputusan penyidik," kata Kepala Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati Arif Wahyono.di Jakarta, Jumat (23/10/2020).

Arif mengatakan Tim Forensik masih menunggu instruksi penyidik Polda Metro Jaya sebelum memulangkan jenazah Cai Changpan. Sejak narapidana kasus narkoba itu dilaporkan tewas bunuh diri di Hutan Jasinga, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/10), hingga saat ini jenazah  masih tersimpan di ruang pendingin kamar mayat RS Polri.

Rangkaian otopsi jenazah telah selesai dilakukan oleh Tim Forensik. Hasilnya dilaporkan terdapat luka pada bagian leher. Tim Forensik pun telah menyelesaikan pemeriksaan jaringan bagian leher, tepatnya di bagian luka leher untuk mengetahui kapan Cai Changpan tewas.

Baca juga: Terpidana Mati Cai Changpan yang Kabur dari Lapas Tangerang Ditemukan Tewas

“Untuk hasil pemeriksaan leher belum keluar, masih kita tunggu,” katanya.

Terpidana mati berkewarganegaraan China, Cai Changpan alias Antoni alias Cai Ji Fan dilaporkan melarikan diri dari Lapas Klas 1 Tangerang pada 14 September 2020.

Cai melarikan diri dari sel lapas dengan cara menggali lubang sedalam dua meter dan sejauh 30 meter. Terkait kaburnya Cai, polisi telah menetapkan seorang sipir dan pegawai bidang kesehatan lapas sebagai tersangka lantaran lalai dalam menjalankan tugas yang menyebabkan kaburnya seorang terpidana.

Setelah satu bulan buron, Changpan ditemukan dalam kondisi tewas di Hutan Jasinga dengan dugaan gantung diri.

Baca juga: Polda Metro Pastikan Napi Cai Changpan Tewas Akibat Gantung Diri di Hutan

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi