Pantau Flash
Panglima TNI: Waspadai Gangguan Kedaulatan Negara di Natuna dan Papua
Survey BI: Penjualan Eceran pada Mei 2020 Turun 20,6 Persen
PBB Umumkan Amerika Serikat Keluar dari WHO
KPK Panggil 2 Saksi Kasus Suap Gratifikasi Sekretaris Mahkamah Agung
Komisi II: Mayoritas Fraksi Ingin Turunkan Ambang Batas Presiden 15 Persen

Kemenkominfo Buka Akses Internet di Papua, HNW: Warga Jangan Sebar Hoax

Kemenkominfo Buka Akses Internet di Papua, HNW: Warga Jangan Sebar Hoax Aksi di Papua (Foto: Antara)

Pantau.com - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta pencabutan akses internet di Papua yang dilakukan secara bertahap dapat betul-betul dimaksimalkan oleh masyrakat Papua.

Ia berharap bukan justru untuk menyebar hoax, bukan untuk menyebar fitnah, bukan untuk menyebar berita bohong dan bukan untuk mengadu domba.

"Sekarang sudah diputuskan untuk tidak diblokir lagi, saya kira itu yang terbaik. Saya harap kondisi tidak diblokir itu betul-betul dimaksimalkan oleh warga, bukan untuk menyebar hoax, bukan untuk menyebar fitnah, bukan untuk menyebar berita bohong, bukan untuk mengadu domba, tetapi betul-betul untuk memastikan informasi, mendapatkan informasi yang benar," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Baca Juga: Komnas HAM Ragu Pemblokiran Internet di Papua Bisa Redam Ketegangan

Sementara di sisi lain, Wakil Ketua Dewan Majelis Syuro PKS ini berharap pemblokiran akses internet tidak lagi diberlakukan oleh pemerintah.

"Saya kira itu bagian dari hal yang penting untuk disadari dan dilakukan secara bersama oleh seluruh warga ketika, kemudian pemerintah tidak lagi memblokir informasi," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menilai memang seharusnya sejak awal pemerintah tak memberlakukan pemblokiran akses internet di Papua dan Papua barat. 

"Secara prinsip memang kalau saya sih berpendapat bahwa sebaiknya sejak dari awal tidak dilakukan pemblokiran itu. Karena sekali lagi, kalau ada pemblokiran, warga masih mencari informasi, mungkin informasinya malah semakin tidak terdeteksi dan malah akan menghadirkan kerawanan-kerawanan keamanan," tandasnya.

Baca Juga: Soal Pembatasan Internet di Papua hingga Kini, Ini Jawaban Menko Wiranto

Sebelumnya diberitakan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan pihaknya akan mencabut pemblokiran internet di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat secara bertahap mulai hari ini.

Rudiantara mengatakan akan melakukan rapat koordinasi malam ini sebelum membuka akses internet secara bertahap.

"Nah ini sedang kita koordinasikan kabupaten dan kota mana saja. Malam ini mudah-mudahan sudah ada ini (datanya). Sehingga secara bertahap besok sudah bisa dilakukan, diaktifkan kembali layanan datanya di beberapa kabupaten, kota," kata Rudiantara di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 3 September 2019.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta