Pantau Flash
Bayi 50 Hari Asal Cirebon Positif Korona Usai Diajak Orangtua ke Hajatan
Update COVID-19 di Indonesia: Jumlah Positif 30.514, Pasien Sembuh 9.907
KSP: Pemerintah Berhati-hati dan Tetap Waspada Memasuki Era New Normal
Meutya Hafid: Kepemimpinan Penerapan New Normal Tetap di Pemerintah Sipil
KPU dan Kemendagri Sedang Siapkan Protokol Kesehatan Tahapan Pilkada 2020

Jangan Lupa Sejarah! Ini Deretan Kerajaan Tertua yang Menghuni Indonesia

Jangan Lupa Sejarah! Ini Deretan Kerajaan Tertua yang Menghuni Indonesia Kerajaan Salakanagara (130 M). (Foto: via wikipedia)

Pantau.com - Kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia tentu memiliki sejarah yang tak bisa dilupakan hingga ada beberapa kerajaan tertua di Indonesia. Dari merekalah, peradaban Ibu Pertiwi ini berjalan hingga bisa seperti sekarang. Menjelang HUT RI yang ke-74, tak ada salahnya kamu kembali lembaran masa lalu yang menjadi saksi bergeraknya Indonesia. Termasuk kerajaan-kerajaan yang menjadi peninggalan.

Apa Saja Kerajaan Tertua di Indonesia?

Ini dia 6 kerajaan tertua di Indonesia, yang dirangkum Pantau.com dari berbagai sumber.

1. Kerajaan Kandis (sebelum Masehi)

kerajaan kandis

Kerajaan Kandis. (Foto: wikipedia)

Kerajaan ini diyakini berdiri sebelum Masehi. Dua tokoh yang identik dengan kerajaan ini adalah Patih dan Tumenggung.

Nenek moyang Lubuk Jambi diyakini berasal dari keturunan waliyullah Raja Iskandar Zulkarnain. Tiga orang putra Iskandar Zulkarnain yang bernama Maharaja Alif, Maharaja Depang dan Maharaja Diraja berpencar mencari daerah baru. Maharaja Alif ke Banda Ruhum, Maharaja Depang ke Bandar Cina dan Maharaja Diraja ke Pulau Emas (Sumatera).

Baca juga: 5 Kota dengan Luas Terkecil di Indonesia, Ada yang Pernah Jadi Ibu Kota

2. Kerajaan Salakanagara (130 M)

kerajaan salakanagara

Kerajaan Salaknagara. (Foto: wikipedia)

adalah kerajaan yang pertama yang berada di Jawa Barat. Salakanagara, berdasarkan Naskah Wangsakerta Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara (yang disusun sebuah panitia dengan ketuanya Pangeran Wangsakerta) diperkirakan merupakan kerajaan paling awal yang ada di Nusantara.

Dewawarman, pendiri Salakanagara, adalah seorang duta keliling, pedagang sekaligus perantau dari Pallawa, Bharata (India) yang akhirnya menetap karena menikah dengan puteri penghulu setempat.

3. Kerajaan Kutai Martadipura (350 M)

kerajaan kutai kartanegara

Kerajaan Kutai Martadipura. (Foto: wikipedia)

Kerajaan ini adalah kerajaan Hindu tertua yang ada di Indonesia. Kerajaan itu terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur.

Berdiri sekitar abad ke-4, Nama Kutai, menurut para ahli, didapat dari ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut.

Bukti Prasasti Yupa Mulawarman dengan tulisan huruf Palawa adalah saksi kejayaan kerajaan itu.

Baca juga: Deretan Kerajaan Islam di Balik Sejarah Perkembangan Indonesia

4. Kerajaan Tarumanegara (358 M)

kerajaan tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara. (Foto: wikipedia)

Kerajaan Tarumanegara merupakan yang pernah didirikan di Pulau Jawa. Kerajaan besar itu dipenuhi penganut agama Hindu beraliran Wisnu.

Untuk raja pertamanya sendiri, banyak sumber dengan berbagai cerita. Hanya saja raja yang paling tersohor adalah Purnawarman.

Sejarah dari Kerajaan Tarumanegara sendiri terlihat dari prasasti peninggalan, seperti Prasasti Tugu, Prasasti Kebon Kopi, serta Prasasti Munjul.

5. Kerajaan Sunda (669 M)


Kerajaan Sunda. (Foto: wikipedia)

Menurut sumber dari naskah Wangsakerta, kerajaan ini merupakan kerajaan yang berdiri menggantikan Kerajaan Tarumanegara.

Kerajaan Sunda didirikan Tarusbawa pada tahun 591 Caka Sunda atau 669 M. Wilayah kerajaan ini meliputi Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan sebagian Jawa Tengah.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: