Pantau Flash
Kejuaraan Dunia IWAS Diundur Akibat Virus Korona
Ditresnarkoba: China Pemasok Terbesar Narkoba ke Indonesia
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo Jadi Komut BRI
Presiden Jokowi Minta Segera Disiapkan Timnas Basket yang Tangguh
Persebaya Lolos ke Final Piala Gubernur Jatim 2020 Usai Bungkam Arema 4-2

Kerusuhan Manokwari: 3 Polisi Jadi Korban, Kapolda dan Pangdam Dilempari

Headline
Kerusuhan Manokwari: 3 Polisi Jadi Korban, Kapolda dan Pangdam Dilempari Kerusuhan Manokwari (Foto: Antara/Toyiban)

Pantau.com - Aksi demonstrasi berujung rusuh di Manokwari, Papua Barat, menyebabkan jatuhnya korban. Tercatat, tiga anggota kepolisian luka-luka. 

"Saat ini dari aparat kepolisian ada 3 orang korban. (Yang menjadi korban) 1 luka Karo Ops, kemudian 2 anggota," ucap Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (19/8/2019).

Baca juga: Ada Aksi Protes Pengusiran Mahasiswa Papua di Surabaya, Manokwari Lumpuh

Selain itu, sambung Dedi, beberapa pejabat wilayah juga menjadi target lemparan batu ketika tengah bernegosiasi dengan para tokoh masyarakat guna meredam aksi kericuhan tersebut.

Beberapa pejabat yang juga menjadi sasaran yakni, Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, dan Kapolda Papua Barat Brigjen Herry Rudolf Nahak.

"Pada proses negosiasi antara pak Wagub, Kapolda, Pangdam ada provokasi lemparan batu dari masyarakat," kata Dedi.

Akan tetapi, lanjut Dedi, pihak keamanan dari TNI-Polri terus berupaya memitigasi aksi kerusuhan tersebut dengan berbagai cara agar tak meluas ke wilayah-wilayah lainnya.

"Namun demikian aparat Polri TNI fokus untuk memitigasi meredam dan melokalisir agar kerusuhan tersebut tidak meluas," pungkas Dedi.

Baca juga: Manokwari Mencekam karena Aksi Demonstrasi, Ini yang Dilakukan Polri

Untuk diketahui, aksi demonstrasi itu disebut sebagai bentuk protes atas insiden pengepungan dan intimidasi terhadap sejumlah mahasiswa di Surabaya dan Malang baru-baru ini.

Sejumlah warga di Manokwari pada Senin pagi waktu setempat turun ke jalan. Sebagian bahkan sampai membakar ban di tengah jalan. Bahkan, gedung DPRD Papua Barat turut dibakar. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Manokwari dilaporkan lumpuh.

Belum ada keterangan resmi dari pihak keamanan atau polisi atas terjadinya peristiwa tersebut. Namun, sejumlah video dan foto terkait aksi demonstrasi di Manokwari sudah tersebar, di berbagai media sosial 

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK
Category
Nasional

Berita Terkait: