Pantau Flash
Yasonna Bantah Sengaja Ingin Bebaskan Napi Koruptor
Jasa Marga Pastikan Wakil Jaksa Agung Terlibat Kecelakaan Tunggal
KKP Lumpuhkan Dua Kapal Berbendera Vietnam yang Curi Ikan di Laut Natuna
Ribuan Pekerja di DKI Jakarta Terkena PHK Akibat Pandemi Virus Korona
Kecelakaan di Tol Jagorawi, Wakil Jaksa Agung Dr Arminsyah Meninggal Dunia

Kerusuhan Manokwari: Beberapa Fasilitas Publik Rusak, Termasuk Gedung DPRD

Kerusuhan Manokwari: Beberapa Fasilitas Publik Rusak, Termasuk Gedung DPRD Kerusuhan Manokwari (Foto: Antara/Toyiban)

Pantau.com - Insiden kericuhan yang terjadi di Manokwari, Papua Barat, membuat beberapa fasilitas publik di sana jadi sasaran amuk demonstran.

Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyebut beberapa fasilitas publik yang dirusak mulai dari Gedung DPRD Papua Barat dan bangunan Eks Kantor Gubernur.

"Dari update sementara, ada beberapa fasilitas publik yang rusak. Ada bangunan gedung DPRD, bangunan eks kantor gubernur dan ada beberapa fasilitas publik kini masih didata," ucap Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (19/8/2019).

Baca juga: Ada Aksi Protes Pengusiran Mahasiswa Papua di Surabaya, Manokwari Lumpuh

"Namun demikian Polri, TNI, Pemda terus fokus untuk memitigasi dan melokalisir agar kerusuhan itu tidak meluas," sambungnya.

Dalam upaya mitigasi guna tindak kerusuhan itu tak meluas, kata Dedi, sedikitnya 700 personel Polri dan 200 personel TNI dikerahkan guna meredam kerusuhan.

Tak hanya itu, TNI-Polri juga tengah bernegosiasi dengan tokoh masyarakat agar kerusuhan tak meluas.

"Dari TNI 2 SSK (satuan setingkat kompi), Polri 7 SSK (satuan setingkat kompi). Tokoh masyarakat diimbau untuk meredam dan menjaga situasi Manokwari tetap kondusif," papar Dedi.

Baca juga: Kerusuhan Manokwari: 3 Polisi Jadi Korban, Kapolda dan Pangdam Dilempari

Untuk diketahui, aksi demonstrasi itu disebut sebagai bentuk protes atas insiden pengepungan dan intimidasi terhadap sejumlah mahasiswa di Surabaya dan Malang baru-baru ini.

Sejumlah warga di Manokwari pada Senin pagi waktu setempat turun ke jalan. Sebagian bahkan sampai membakar ban di tengah jalan. Bahkan, gedung DPRD Papua Barat turut dibakar. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Manokwari dilaporkan lumpuh.

Belum ada keterangan resmi dari pihak keamanan atau polisi atas terjadinya peristiwa tersebut. Namun, sejumlah video dan foto terkait aksi demonstrasi di Manokwari sudah tersebar, di berbagai media sosial.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK

Berita Terkait: