Pantau Flash
Kemendikbud Terbitkan Kepmen 719/P/2020 Tentang Kurikulum Darurat
Dishub DKI Sebut Ganjil Genap Bisa Berlaku Seharian Tanpa Skema Waktu
Pemerintah Izinkan Sekolah Tatap Muka di Zona Kuning dan Hijau COVID-19
Waketum PPP Reni Marlinawati Meninggal Dunia
Kasus Positif COVID-19 per 7 Agustus Melonjak 2.473 dengan Total 121.226

Ketua DPR Desak Pemerintah Papua Barat Beri Penjelasan Soal Rusuh Manokwari

Ketua DPR Desak Pemerintah Papua Barat Beri Penjelasan Soal Rusuh Manokwari Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Pemerintah Papua Barat melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Papua Barat bersama TNI dan Polri beri penjelasan soal kerusuhan di Manokwari, Senin pagi.

Menurut Bamsoet, penjelasan itu penting agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Hal itu sangat penting untuk memberikan ketenangan dan ketentraman bagi masyarakat Manokwari di Papua Barat, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata Bamsoet di Jakarta, Senin (19/8/2019).

Bamsoet juga meminta kepolisian untuk bersikap persuasif kepada pihak yang melakukan aksi atau unjuk rasa tersebut, agar tidak melakukan aksi dengan anarkis.

Baca juga: Soal Kerusuhan Manokwari, MUI Minta Masyarakat Tenang Tak Terprovokasi

"Mendorong TNI dan kepolisian untuk bersiaga menjaga instalasi-instalasi penting yang ada di Papua, seperti kantor pemerintahan, kantor gubernur, kantor wali kota, PT Freeport, dan lain-lain sebagainya," ujarnya.

Terhadap masyarakat Papua, Bamsoet meminta untuk tidak melakukan aksi dengan anarkis dan tidak mudah terpancing dan terprovokasi dengan informasi-informasi yang belum jelas.

Untuk diketahui, aksi demonstrasi itu disebut sebagai bentuk protes atas insiden pengepungan dan intimidasi terhadap sejumlah mahasiswa di Surabaya dan Malang baru-baru ini.

Baca juga: Ada Aksi Protes Pengusiran Mahasiswa Papua di Surabaya, Manokwari Lumpuh

Sejumlah warga di Manokwari pada Senin pagi waktu setempat turun ke jalan. Sebagian bahkan sampai membakar ban di tengah jalan. Bahkan, gedung DPRD Papua Barat turut dibakar. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Manokwari dilaporkan lumpuh.

Belum ada keterangan resmi dari pihak keamanan atau polisi atas terjadinya peristiwa tersebut. Namun, sejumlah video dan foto terkait aksi demonstrasi di Manokwari sudah tersebar, di berbagai media sosial.




Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: