Ketua Komisi III Sentil Mahfud Md Banyak Omong Kasus Brigadir J: Menteri Koordinator atau Menteri Komentator?

Headline
Tangkapan layar - Menko Polhukam Mahfud MD. ANTARA/Youtube Wahdah TV/priTangkapan layar - Menko Polhukam Mahfud MD. ANTARA/Youtube Wahdah TV/pri

Pantau – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Wuryanto menanggapi pernyataan Menko Polhukam Mahfud Md yang menganggap DPR diam terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Bambang Pacul, sapaan akrab politikus PDI Perjuangan itu, justru mempertanyakan posisi Mahfud Md sebagai Menko Polhukam.

“Kalau Menko Polhukam ngomong bahwa DPR tidak ribut, justru karena DPR sadar posisi. Kita malah justru bertanya, apakah Menko Polhukam itu posisinya memang tukang komentar?” ujar Bambang Pacul dalam keterangannya kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2022).

Bambang Pacul justru heran dengan Mahfud Md yang kerap berkomentar terkait kasus Brigadir J. Teranyar, komentar Mahfud soal penetapan tersangka ketiga dalam kasus ini, padahal Polri belum mengumumkan secara resmi.

“Tersangka belum diumumkan, dia udah ngumumin dulu. Apakah yang begitu itu jadi tugas Menko Polhukam?” kata Bambang Pacul.

“Saya bertanya sebagai Ketua Komisi III DPR, apakah itu masuk di dalam tupoksi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan? Koordinator lho, bukan komentator. Menteri koordinator, bukan menteri komentator,” Bambang Pacul menambahkan.

Bambang menjelaskan pihaknya juga akan memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk meminta keterangan terkait kasus Brigadir J. Pimpinan DPR, kata Bambang, sudah membahas mengenai jadwal pemanggilan.

Dalam keterangannya kepada Kompas TV, Mahfud menyinggung DPR yang diam dalam kasus kematian Brigadir J yang menyedot perhatian publik.

“Misalkan saya katakan, psikopolitisnya, semua masyarakat heran, kenapa sih ini DPR kok diam? Ini kasn kasus besar. Biasanya kan ada apa, paling ramai manggil-manggil. Ini enggak ada tuh,” ujar Mahfud.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan