Pantau Flash
Robert Minta Pemain Persib Hindari Kerumunan Saat Jalani Latihan Mandiri
Wow, Ternyata Ada Tiga Juta Warga Luar DKI yang Terima Vaksin Covid-19 di Jakarta
Menteri Halim Ajak Kampus Bersinergi Bangun Desa
Jakarta Diperkirakan Diguyur Hujan pada Malam Nanti
Keren! Greysia/Apriyani Tembus ke Final Olimpiade Tokyo

Ketua Tim Hukum 02 Disemprot Hakim MK (Lagi), Sekarang Gara-gara Ini

Ketua Tim Hukum 02 Disemprot Hakim MK (Lagi), Sekarang Gara-gara Ini Ketua tim hukum 02 Bambang Widjojanto (paling kanan) (Foto: Antara/Hafidz Mubarak)

Pantau.com - Sidang sengketa Pilpres 2019 lanjutan di Mahkamah Konstitusi (MK) sudah dimulai. Sidang saat ini diagendakan untuk mendengarkan keterangan saksi pihak terkait paslon 01 Jokowi-Ma'ruf.

Sidang sudah berjalan dengan mendegarlan saksi pihak terkait yakni Candra Irawan. Menariknya, disela-sela Majelis Hakim sedang mendengarkan keterangan saksi Candra, Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi Bambang Widjojanto (BW) tampak ditegur Majelis Hakim.

Hakim menegur mantan pimpinan KPK tersebut lantaran terlihat oleh hakim sibuk sendiri berkoordinasi dengan tim hukum 02 lainnya. Hakim menilai BW tak etis lantaran ia terlihat berdiri sendiri dalam persidangan.

"Pak Bambang supaya Anda tak pindah-pindah ke belakang, duduk di belakang saja untuk lakukan koordinasi," tegur Hakim MK Saldi Isra dalam persidangan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019).

Baca juga: Kronologi BW Diancam Hakim MK Keluar Ruang Sidang karena Menyela

Kemudian Hakim MK lainnya dalam persidangan menegaskan kembali bahwa semua pihak dalam persidangan harus mentaati seluruh peraturan yang berlaku dalam persidangan.

"Baik, semua pihak harus mentaati aturan," kata Hakim MK Manahan Sitompul di lokasi.

Ini bukan kali pertama BW mendapat teguran dari  Majelis Hakim MK. Sebelumnya Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) terlibat berdebat dengan Ketua Tim Hukum pemohon yakni Prabowo-Sandi Bambang Widjojanto (BW) terkait keterangan saksi kedua yang dihadirkan dalam sidang sengketa Pilpres 2019.

Awalnya dalam sidang, Hakim MK Arief Hidayat menanyakan terkait kesaksian apa yang akan disampaikan Idham sebagai saksi yang dihadirkan pihak 02 dalam sidang. Idham sendiri sebagai saksi mengatakan akan menyampaikan DPT siluman sebagai temuannya.

Namun terjadi ketegangan ketika Arief merasa kebingungan atas jawaban yang diberikan oleh Idham dalam kesaksiannya yang menyebut bahwa akan mengungkap permasalah DPT yang ia peroleh dari kampung di mana ia tinggal.

Namun BW yang mendengar perdebatan Arief dengan Idham, BW kemudian menyela perdebatan tersebut dengan menyebut bahwa Arief seolah-olah menilai orang dari kampung tidak bisa mengakses dunia. "Bapak sudah menjudgement seolah-olah orang kampung tidak tahu apa-apa juga tidak," kata BW.

Baca juga: BW Beberkan Alasan Ketidakhadiran Dirinya di Sidang MK ke 4

Bahkan dari perdebatan tersebut, lantaran BW terus menerus menyela Arief pun kemudian menyerukan untuk BW tidak lagi berbicara. Ia menegaskan jika BW masih menyela maka ia akan mengusirnya keluar sidang. "Kalau tidak stop Pak Bambang saya suruh keluar," kata Arief.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Bagaskara Isdiansyah

Berita Terkait: