Pantau Flash
Satgas Laporkan 5.910.921 Jiwa Warga Indonesia Telah Mendapatkan Vaksinasi Lengkap
Polisi Libatkan Interpol Buru Pria Mengaku Nabi ke-26
Kanada Kembali Laporkan Kasus Pembekuan Darah Akibat Vaksin AstraZeneca
Penerima Vaksin COVID-19 Bertambah 95.060 Menjadi Total 10.801.244 Orang
Fly Over Cakung Bakal Uji Coba Perdana pada 19 hingga 21 April

Khofiah Titip Penyelesaian Banjir Kali Lamong Kepada Gus Yani

Khofiah Titip Penyelesaian Banjir Kali Lamong Kepada Gus Yani Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto: Antara/Moch Asim)

Pantau.com - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menitipkan pesan penyelesaian banjir Kali Lamong kepada Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani atau akrab disapa Gus Yani saat serah terima jabatan (sertijab) kepala daerah setempat yang digelar di Ruang Sidang Paripurna DPRD Gresik, Sabtu (6/3/2021).

"Tentu sangat banyak penjabarannya. Namun yang saya garisbawahi yang utama adalah terkait UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) dan Kali Lamong," kata Khofifah saat memimpin Sidang Paripurna tersebut.

Baca juga: Ucapan Khofifah Ini Disambut Tepuk Tangan Usai Melantik Gus Ipul sebagai Wali Kota Pasuruan

Mantan Menteri Sosial RI itu mengatakan pemimpin baru perlu melakukan lompatan-lompatan inovasi, khususnya program pengentasan kemiskinan dan pengangguran, sebab tingkat kemiskinan dan pengangguran Kabupaten Gresik lebih tinggi daripada rata-rata provinsi.

Khofifah juga mendorong pergerakan UMKM di Gresik secara cepat, sebab Gresik menjadi salah satu penyumbang terbanyak, sehingga harus dikembangkan dan diprioritaskan.

Apalagi, diprediksi tahun 2030 pasar di dunia 80 persen di antaranya adalah UMKM, sehingga harus dipersiapkan secara matang.

"Digitalisasi sistem akan kami prioritaskan untuk mencari pasar bagi UMKM. Salah satunya dengan Virtual Bussiness Meeting yang terhubung hingga ke berbagai negara," katanya.

Menanggapi hal itu, Bupati Gresik, Gus Yani membenarkan arahan dari Gubernur Jatim tersebut, dan memang diakui ada beberapa atensi yang menjadi catatannya, seperti penanganan banjir tahunan Kali Lamong.

Selain itu, pria 35 tahun ini juga mendorong ketersediaan air bersih melalui PDAM, infrastruktur yang masih kurang baik, angka kemiskinan dan pengangguran yang cukup tinggi, ditambah pemangkasan birokrasi.

Untuk realisasinya, Yani mengaku sudah menyiapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Mari bersama membawa perubahan untuk Gresik yang lebih baik. Gresik Baru Kota Untuk Semua," katanya.

Baca juga: Angka Korona Masih Tinggi Jadi Alasan Jawa Timur Perpanjang PPKM Mikro

Sementara itu acara serah terima dilakukan dari Plh Bupati Gresik Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: