Pantau Flash
Seorang Warga Ciomas Positif, Total Pasien COVID-19 Kab Bogor Jadi 14 Orang
Rapid Test di Stadion GBLA Bandung Batal Setelah Ditolak Warga Setempat
Investor Menjauh, Rupiah Melemah 16.528 per Dolar AS
Novel Baswedan Dihadirkan di Sidang Penyimaran Air Keras
UEFA Perpanjang Penundaan Liga Champions dan Liga Europa

Kini Pembuatan SIM Makin Mudah, Bayar Bisa Pake LinkAja atau Gopay!

Kini Pembuatan SIM Makin Mudah, Bayar Bisa Pake LinkAja atau Gopay!

Pantau.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terus berinovasi untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus masalah kendaraan dan lain sebagainya. Bahkan, yang teranyar untuk pembayaran pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), masyarakat dapat menggunakan transaksi elektronik atau nontunai.

Hal itu lantaran Ditlantas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan pihak BRI dan GoPay. Kerjasama itu dalam bentuk metode pembayaran nontunai melalui QR Code LinkAja dan GoPay.

"Kali ini kami menggandeng BRI-Link Aja dan GoPay menghadirkan inovasi pembayaran nontunai untuk pembuatan dan perpanjangan SIM," ucap Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol M. Yusuf saat dikonfirmasi, Senin (26/8/2019).

Baca juga: Baru! Bayar Tol Tanpa Kartu, Langsung Jalan Gunakan LinkAja

Nantinya dengan adanya pembayaran elektronik atau nontunai itu, lanjut Yusuf, dapat memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat. Terlebih dapat mencegah terjadinya pungutan liar yang dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

"Kami berharap inovasi ini akan membantu kami menciptakan layanan publik yang cepat, aman, mudah, dan transparan sehingga masyarakat pun bisa semakin percaya dengan kinerja pelayanan publik," kata Yusuf.

Bahkan, Yusuf mengklaim bahwa sistem pembayaran nontunai itu merupakan hal baru dan pertama dalam pengurusan pada bidang lalu lintas di tubuh Polri.

Selain itu, nantinya juga akan dikembangkan di beberapa gerai pengurusan SIM yang telah tersedianya.

"Sistem pembayaran dengan menggunakan QR code Link aja dan GoPay ini merupakan inovasi pertama yang transaksinya real time pada layanan Polri," kata Yusuf.

"Rencananya Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengembangkan layanan pembayaran menggunakan cashless payment ini pada layanan perpanjangan SIM di Gerai SIM, SIM keliling dan 4 (empat) Kantor Satpas layanab perpanjangan SIM lainnya," sambungnya.

Baca juga: LinkAja Syariah Diluncurkan Agustus 2019, Saingan Fintech Anti Riba?

Dalam pembayaran nontunai, lanjut Yusuf, masyarakat yang ingin melakukan pembayaran untuk memperpanjang dan membuat SIM bisa melalui aplikasi Link Aja dan GoPay.

Selanjutnya, hanya tinggal memilih menu 'Bayar' untuk scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM. Lalu memasukan jumlah yang ingin dibayar dan konfirmasi pembayaran.

Lebih jauh, pada kesempatan sosialisasi terkait inovasi pembayaran nontunai dalam pembuatan SIM dihadiri vice divisi retail payment BRI, Vice president Link Aja, Pimpinan Cabang BRI Jakarta Kalideres , Vice President Government Relations Regional Gojek , Government Relations Manager Gojek dan Government Ecosystem Manager GoPay

Selain itu, pada acara sosialisasi ini juga dilakukan peninjauan pelaksanaan pengujian praktik bagi para difabel yang diikuti oleh 69 peserta difabel dari Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Provinsi DKI Jakarta.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK