Pantau Flash
Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Mahasiswa IPB Jadi Petani Modern
Polri: Pemilik Zat Radioaktif Ilegal yang Gemparkan Tangsel Pegawai BATAN
Ada Fenomena CENS dari Laut China Selatan dalam Banjir Jakarta
Marquez Akui Sempat Kesulitan dengan Motor Baru Honda
Rupiah Ditutup Melemah di Level Rp13.887 per Dolar AS

Komisi III: Insya Allah Fit And Proper Test Capim KPK Dilakukan Pekan Depan

Headline
Komisi III: Insya Allah Fit And Proper Test Capim KPK Dilakukan Pekan Depan Gedung DPR (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Komisi III di DPR RI yang membawahi bidang hukum akan bertanggung jawab dalam melakukan uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper Test) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 10 nama calon pimpinan KPK sudah diserahkan Presiden RI Joko Widodo ke DPR pada Rabu sore 4 September 2019.

Anggota Komisi III di DPR RI Masinton Pasaribu, mengatakan bahwa pihak kemungkinan besar akan menggelar uji kepatutan dan kelaykan capim KPK pada Senin pekan depan.

"Ya Insya Allah minggu depan sudah bisa dilakukan ya, dan DPR RI punya kewenangan untuk ya melakukan seleksi selama 90 hari atau 3 bulan," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 4 September 2019.

Baca Juga: Jokowi Resmi Kirim 10 Nama Capim KPK, Bamsoet Yakin Selesai Periode Ini

Kendati begitu menurutnya harus dulu melewati rapat paripurna dan juga rapat badan musyawarah bersama seluruh frakski dan pimpinan di DPR.

"10 nama ini sudah melalui tahapan seleksi oleh pemerintah melalui pansel. DPR akan menguji melakukan uji kelayakan. Setelah mereka lolos seleksi yang dilakukan pemerintah melalui pansel," ungkapnya.

Lebih lanjut, Masinton menegaskan bahwa nantinya Komisi III wajib memilih 5 nama dari 10 nama capim yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Komisi III tidak boleh memilih kurang dari 5 nama.

"UU 30/2002 dalam pasal 30 poin 10 kalau ga salah. DPR RI wajib, ada kata wajib memilih 5 nama calon pimpinan KPK untuk ditetapkan jadi pimpinan KPK," tandasnya.

Baca Juga: Apakah 10 Nama Capim KPK yang Dipilih Pansel Akhiri Polemik?

Sebelumnya diberitakan,Presiden RI Joko Widodo sudah secara resmi mengirimkan surat permintaan uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper Test) terhadap 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke DPR RI. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yakin Fit and Proper test akan selesai pada periode masa jabatan DPR 2014-2019.

"Ya kita harapkan Komisi III untuk bisa menyelesaikannya pada periode ini," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Category
Nasional

Berita Terkait: