Pantau Flash
Kepanikan Akibat Korona Mereda, BI: Modal Asing Mulai Masuk
Seluruh Atlet PBSI Negatif COVID-19 Usai Jalani Rapid Test
Pegadaian Ajak Masyarakat untuk Gunakan Transaksi Digital
17.534 Orang di Jakarta Sudah Rapid Test, 282 Dinyatakan Positif COVID-19
Kapolri: Kami Siap Laksanakan Pembatasan Sosial Skala Besar

Komisi III: Revisi UU KPK Selesai, Pimpinan Baru Terpilih

Komisi III: Revisi UU KPK Selesai, Pimpinan Baru Terpilih Politikus Partai NasDem Teuku Taufiqulhadi (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Anggota Komisi III Taufiqulhadi berharap Revisi Undang-Undang KPK bisa selesai seiring dengan selesainya uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper Test) 10 calom pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dengan begitu, pimpinan KPK yang baru bisa berjalan dengan UU yang sudah direvisi.

"Kami berharap itu selesai didalam masa periode ini. Dengan demikian nanti pimpinan KPK yang baru itu, dia berada di dalam wewenang ya di dalam UU yang baru," kata Taufiqulhadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca Juga: Tolak Revisi UU yang Diketok DPR, Fraksi Gerindra: KPK Itu Siapa Sih?

Sementara ketika disinggung apakah terkait dengan revisi UU KPK akan dijadikan materi pada saat uji kepatutan dan kelayakan capim KPK, Taufiqul mengatakan mungkin tidak akan ditanyakan secara spesifik.

"Saya rasa tidak secara langsung. Kami mempertanyakan yang kami pertanyakan mungkin adalah soal kredibilitas seseorang kapabilitas seseorang, kemudian konsepnya tentang pemberantasan korupsi. Kami melihat cocok gak. Kalau emang cocok dengan uu yang baru mungkin itulah yang akan kami pilih," ungkapnya.

Lebih lanjut, Politisi NasDem ini meminta agar pimpinan baru KPK yang terpilih bisa langsung menyesuaikan diri dengan UU yang baru. 

Baca Juga: Semua Fraksi Setujui Revisi UU MD3 dan UU KPK Jadi RUU Inisiatif DPR

"Bagaimana cara selain kita adalah melakukan tindakan melakukan penundaan seperti sekarang ini juga dia ada konsep yang kuat tentang pecegahan. Nah kita akan lihat. Yang baik itu menurut saya dua-duanya," tandasnya. 

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: