Komnas HAM akan Lanjutkan Pemeriksaan meskipun Ferdy Sambo Sudah jadi Tersangka

Headline
Ketua Tim Pemantauan Penyidikan Komnas HAM Moh. Choirul Anam. (Foto: tangkapan layar)

Pantau – Komnas HAM menyatakan pihaknya hingga saat ini masih melanjutkan penyelidikan kasus penembakan yang menewaskan Brigadir Nofryansah Joshua Hutabarat alias Brigadir J meskipun Irjen Ferdy Sambo telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus tersebut.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengungkapkan bahwa hingga saat ini pihaknya belum memiliki agenda pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo.

“Sampai malam ini belum ada konfirmasi pemeriksaan Ferdy Sambo dan semoga agenda itu masih bisa dilaksanakan,” kata Anam saat dikonfirmasi pada Selasa (9/8/2022).

“Opsi kami memang berharapnya di Komnas HAM, namun kalau dibutuhkan dengan berbagai pertimbangan dan sebagainya. Kami harus minta keterangannya di Brimob,” sambungnya.

Kendati demikian, lanjut Anam, pihaknya berharap pemeriksaan terhadap Sambo bisa segera dilaksanakan.

“Tapi kami berharap Kamis masih bisa menyelnggarakan permintaan keterangan saudara Ferdy Sambo,” kata Anam.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J. Hal ini disampaikannya pada konferensi pers di Bareskrim Polri.

“Timsus telah menetapkan FS (Ferdy Sambo) sebagai tersangka,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan persnya di Bareskrim, Selasa (9/8/2022).

Tim Pantau
Editor
M. Abdan Muflih