Pantau Flash
Menko Luhut: Sirkut Mandalika Akan Gaungkan Pariwisata Indonesia
Rupiah Diprediksi Positif Terbawa Kenaikan Mata Uang Kuat Asia
TNI AU Siapkan Tiga Pesawat untuk Evakuasi WNI dari Wuhan
Gagal Beli MU, Putra Mahkota Arab Saudi Akan Akuisisi Newcastle United
BNPB Kirim Ribuan Masker N65 untuk WNI di China

Korlantas Polri Gelar Pameran Road Safety Policing di Beberapa Mal Jakarta

Korlantas Polri Gelar Pameran Road Safety Policing di Beberapa Mal Jakarta Acara Korlantas di Mall Jakarta (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sukses menggelar Pameran Road Safety Policing di beberapa mal Jakarta dan sekitarnya. Pameran tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Lalu Lintas Bhayangkara ke-64.

Pameran dilaksanakan di pusat perbelanjaan, dengan tujuan menyasar langsung kepada masyarakat dan memberikan pemahaman tertib berlalu lintas. Agar tumbuh kesadaran untuk selalu patuh pada peraturan lalu lintas.

Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana menuturkan Road safety policing adalah model pemolisian pada fungsi lalu lintas untuk mencapai tujuan road safety. 

"Tujuan road safety sejalan dengan amanat UU Lalu Lintas Angkutan Jalan, amanat PBB yang teruang dalam Rencana Umum Keselamatan Nasional (RRUNK) untuk, pertama, mewujudkan dan memelihara lalu lintas yang aman selamat terrib dan lancar. Kedua, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Ketiga, membangun budaya tertib berlalu lintas. Keempat, peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang road safety," ujar Chryshnanda di Jakarta.

Baca juga: Tak Gunakan Nopol Kendaran, Ferrari Putih Terjaring Operasi Patuh Jaya 2019

Menurut Chryshnanda, pameran Road Safety Policing dilakukan untuk menginspirasi, menginformasikan sesuatu yang baik dan benar, mendorong para pemirsanya peduli akan keselamatan bagi dirinya dan orang lain dalam berlalu lintas. Kemudian, kata dia, meng-counter isu yang negatif atau hoaks, menunjukkan solusi dan menghibur.

"Untuk materi pameran diambil dari berbagai sumber yang divisualkan dalam bentuk film, poster, buku, leaflet, peragaan. Program-program pendukung lainnya dapat disertakan seperti dialog, wawancara, work shop, seminar, FGD. Kesemua itu merupakan situasi yang dinamis dapat dikembangkan dengan menggunakan kearifan lokal," tutur dia.

Baca juga: Dengan Smart SIM, Tak Perlu Lakukan Tes Lagi Jika Ingin Memperpanjang SIM


Beberapa item yang dipamerkan antara lain:

1. Prestasi

2. Visi atau pemikiran yang visioner

3. Sistem pelayanan publik yang mencakup pelayanan: keamamanan, keselamatan, hukum, informasi, administrasi dan kemanusiaan

4. Inovasi yang modern dan pelayanan prima kepolisian 

5. Inisiatif antikorupsi

6. Reformasi birokrasi

7. Grand strategi

8. Supremasi hukum

9. Quick response time

10. IT for road safety (TMC, SSC, ERI, SDC, INTAN, TAR, DMPS, ETLE, Smart Management, Cyber Cops)

11. Kejadian menonjol dan solusinya

12. Pembangunan SDM sebagai polantas yang promoter

13. Kerja sama lintas sektoral

14. Program program kemitraan polantas

15. Hasil riset dan produk ilmiah

16. Data lalu lintas dalam infografis

17. Produk tertulis

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: