Pantau Flash
Trump Berharap Seluruh Warga AS Disuntik Vaksin COVID-19 April 2021
Giannis Antetokounmpo MVP NBA 2020, Kalahkan King James dan Harden
Depok Berikan Kelonggaran Terhadap Aktivitas Warga 2 Pekan ke Depan
Rektor IPB Positif COVID-19 Tanpa Tunjukkan Gejala
Tambahan Kasus Harian COVID-19 RI Rekor Lagi, 4.168 Dinyatakan Positif

KPK Panggil Penyanyi Iis Sugianto Sebagai Saksi Kasus TPPU

KPK Panggil Penyanyi Iis Sugianto Sebagai Saksi Kasus TPPU Gedung KPK (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil penyanyi Istiningdiah Sugianto alias Iis Sugianto sebagai saksi dalam penyidikan kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan tersangka Beneficial Owner Connaught International Pte. Ltd Soetikno Soedarjo (SS), Selasa (13/8/2019).

"Hari ini, dijadwalkan pemeriksaan terhadap Istiningdiah Sugianto, ibu rumah tangga sebagai saksi kasus TPPU dengan tersangka SS," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta.

Baca juga: KPK Lakukan Penggeledahan Ruang Kerja Nyoman Dhamantra di DPR

Selain Iis, KPK juga memanggil tiga saksi lainnya untuk tersangka Soetikno, yakni Dwiningsih Haryanti Putri dari unsur swasta, Marcivia Rahmani berprofesi sebagai notaris, dan Hadi Rusli bekerja di Rockpool Ventures pada bagian keuangan.

Untuk diketahui, Iis pernah diperiksa KPK pada 15 Januari 2018 sebagai saksi untuk tersangka mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia 2005-2014 Emirsyah Satar (ESA).

Saat itu, KPK mengonfirmasi Iis soal peristiwa penjualan rumahnya yang diduga dibeli oleh pihak keluarga tersangka Emirsyah.

Sebelumnya, KPK pada Rabu, 7 Agustus lalu,  telah menetapkan Soetikno dan Emirsyah sebagai tersangka TPPU.

Baca juga: OTT KPK Soal Impor Bawang Putih, Mendag: Kalau Ada Nama, Pasti Di-blacklist

Kasus TPPU tersebut merupakan pengembangan dari kasus suap terkait pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.S dan Rolls-Royce P.L.C pada PT Garuda Indonesia.

Terkait kasus TPPU itu, otoritas penegak hukum di Singapura telah menyita satu unit apartemen milik Emirsyah dan melakukan pemblokiran atas beberapa rekening bank di Singapura.

Selain itu, KPK juga telah menyita atas satu unit rumah yang beralamat di Pondok Indah, Jakarta Selatan milik tersangka Emirsyah.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: