Pantau Flash
OJK Stop 589 Usaha Pinjaman Daring Ilegal
Revitalisasi BUMDes, Kemendes PDTT Berikan Nomor Registrasi
MPR Dukung Anggaran Sektor Pertanian Ditambah untuk Atasi COVID-19
Rekor Lagi! Ada 1.853 Kasus Baru, Total Positif COVID-19 RI 68.079
OJK Catat 5,29 Juta Debitur UMKM Terima Restrukturisasi Kredit

KPU Buka Peluang Umumkan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 Hari Ini

Headline
KPU Buka Peluang Umumkan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 Hari Ini Ketua KPU Arief Budiman (tengah) (Foto:Antara/Dhemas Reviyanto)

Pantau.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengatakan jika proses rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional untuk 34 provinsi dan 130 wilayah kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) selesai hari ini, maka hasil seluruh perolehan suara perserta Pemilu 2019 bisa diumumkan hari ini juga Senin (20/5/2019).

Untuk diketahui hingga saat ini rekapitulasi suara masih menyisakan empat provinsi dan satu wilayah kerja PPLN yang belum dilakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional.

Baca juga: KPU: Presiden dan Wakil Terpilih Ditetapkan Paling Lambat 28 Mei 2019

Arief mengungkapkan, empat provinsi yang belum dilakukan rekapitulasi itu Provinsi Riau, Papua, Sumatera Utara dan Maluku. Sedangkan, satu wilayah kerja PPLN yakni PPLN Kuala Lumpur, Malaysia.

"PPLN Kuala Lumpur sebetulnya tadi malam udah kita bahas tinggal kita lanjutkan. Kemudian, provinsi Riau, Papua, dan Sumatera Utara sudah datang. Maluku baru nanti sore datang, jadi akan kita selesaikan 3 provinsi 1 PPLN. Kemudian, nanti sore setelah Maluku datang kita akan lanjutkan dengan Maluku," kata Arief di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/5/2019).

Sementara itu, Arief mengatakan, jika seluruh rekapitulasi selesai dilakukan, pihaknya bisa saja langsung mengumumkan hasil keseluruhan perolehan suara Pemilu serentak 2019. "Bisa (langsung diumumkan hari ini)," singkat Arief.

Baca juga: DKI Jakarta Siagakan Tim Medis pada Pengumuman Hasil Pemilu 2019

Sementara berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Penyelenggaraan Pemilu 2019 batas akhir pengumuman rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional yakni pada 22 Mei 2019.

Namun peserta Pemilu diberikan tenggat waktu selama 3 hari untuk mengajukan sengketa Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK) hingga 25 Mei.

Jika dalam tenggat waktu tidak ada yang mengajukan sengketa maka KPU langsung menetapkan hasil perolehan suara Pilpres dan Pileg 2019.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Bagaskara Isdiansyah

Berita Terkait: