Pantau Flash
Pelanggan Netflix dan Spotify Akan Dipungut Pajak 10 Persen
Gugus Tugas: Vaksin COVID-19 Buatan RI Diproduksi Pertengahan 2021
COVID-19 per 7 Juli: Ada 1.268 Kasus Baru, Total Positif di RI 66.226
Juni 2020, BI: Cadangan Devisa RI Naik Jadi 131,7 Miliar Dolar
Mentan: Realisasi Anggaran hingga Juli 2020 Capai 44,03 Persen

KPU Sebut Sejumlah Kotak Suara di Cirebon Rusak Karena Luapan Air Sungai

KPU Sebut Sejumlah Kotak Suara di Cirebon Rusak Karena Luapan Air Sungai Kotak suara berbahan karton (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Pantau.com - Komisi Pemilihan Umum RI mengatakan, kotak suara Pemilu 2019 berbahan karton, yang rusak di Cirebon disebabkan rembesan air hujan akibat bencana luapan air sungai. 

"Kotak suara di Cirebon itu memang rembesan dari air hujan dari sungai yang meluap. Jadi itu masuk kategori bencana," kata Komisioner KPU RI Ilham Saputra di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Baca juga: Puluhan Kotak Suara Pemilu di NTT Rusak

Ilham mengatakan, pihaknya sedang menunggu laporan dari KPUD Jawa Barat untuk kemudian mengganti kotak suara yang rusak tersebut. Dana penggantian kotak suara yang rusak akan diambil dari APBN.

"Prinsipnya akan segera kita ganti setelah menerima laporan resmi KPUD Jawa Barat," jelas dia. 

Adapun sebagai upaya pencegahan, KPU juga telah memerintahkan seluruh KPUD Provinsi untuk memasang palet di gudang penyimpanan sebagai alas untuk meletakkan kotak suara untuk menghindari lantai gudang yang lembap. 

Baca juga: KPU Klaim Kotak Suara Karton Telah Disetujui Semua Parpol

"Tapi sampai hari ini belum ada laporan (kerusakan) dari provinsi lain, baru di Cirebon. Itu pun karena hujan yang berkepanjangan dan terus menerus sehingga terjadi kerusakan kotak suara yang menurut saya dibandingkan jumlah kotak suara begitu banyak, ini tidak terlalu signifikan, dan akan segera diganti," jelas Ilham. 

Sebelumnya sejumlah kotak suara di Kabupaten Cirebon rusak akibat terkena air sungai yang meluap disebabkan hujan deras. KPUD Cirebon telah memindahkan kotak suara yang tidak rusak ke gudang penyimpanan lain yang lebih aman dan menjemur sebagian kotak suara yang masih bisa diselamatkan.


Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: