Pantau Flash
Peneliti Indonesia Ikut Riset Gabungan Temuan Obat Covid-19 di Bawah WHO
Presiden Jokowi: Pemerintah dengan BI dan OJK Optimalkan Kebijakan Moneter
Kepanikan Akibat Korona Mereda, BI: Modal Asing Mulai Masuk
Seluruh Atlet PBSI Negatif COVID-19 Usai Jalani Rapid Test
Pegadaian Ajak Masyarakat untuk Gunakan Transaksi Digital

Kritik Pidato Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota, Sandiaga: Bukan Prioritas

Headline
Kritik Pidato Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota, Sandiaga: Bukan Prioritas Sandiaga Uno duduk berdampingan dengan Maruf Amin saat Sidang Tahunan MPR (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Pantau.com - Sandiaga Salahuddin Uno turut hadir dalam Sidang tahunan MPR,DPD dan DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Sandi mendengarkan secara seksama pidato kebangsaaan Presiden terpilih Joko Widodo. 

Sandiaga kemudian memberikan sejumlah catatan terhadap pidato kebangsaan yang sudah disampaikan Jokowi. Sandi menggarisbawahi pidato Jokowi terutama terkait dengan keinginan untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan.

"Tentunya kami harus pelajari secara seksama usulan pemindahan ibu kota. Karena sekarang tentunya pada saat yang ekonomi memberatkan kita mesti melihat dampak kepada taraf hidup rakyat baik yang ada di Pulau Jawa maupun yang di wilayah Kalimantan," kata Sandiaga usai hadiri sidang tahunan, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Izin DPD dan DPR Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Sandi menilai dalam kebijakan untuk memindahkan ibu kota harus hati-hati. Menurutnya, semua harus dipikirkan secara detil seperti halnya jumlah biaya pemindahan, lapangan kerja, hingga biaya hidup tinggal di ibu kota baru.

"Tapi saya tidak ingin secara terburu-buru untuk menanggapi, kita ingin pelajari dulu mungkin bicara dengan beberapa pengamat bagaimana posisi keadaan keuangan kita ke depan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sandi mengatakan, bahwa Indonesia harus belajar dari negara lain soal baik buruknya pemindahan ibu kota. Ia pun menilai seharusnya pemindahan ibu kota bukan menjadi prioritas saat ini.

"Menurut saya bukan prioritas ya, tapi karena presiden sudah menyampaikan ya kita harus pelajari secara keseluruhan," tandasnya.

Baca Juga: Jokowi: Ibu Kota Negara Kita Akan Pindah ke Pulau Kalimantan

Sebelumnya diberitakan, rencana Presiden terpilih Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota nampaknya bukan isapan jempol belaka. Pasalnya Jokowi dalam penutup pidatonya di dalam sidang tahunan bersama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta izin untuk memindahkan ibu kota ke Pulau Kalimantan.

"Pada kesempatan yang bersejarah ini, dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak/Ibu anggota dewan yang terhormat, para sepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia. Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," ujar Jokowi dalam pidatonya di sidang tahunan DPD dan DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2019).

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: