Pantau Flash
Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Aliran Banjir Kanal Barat Tambora
WNI Kru Diamond Princess Minta Pemerintah Jangan Beri Harapan Evakuasi
6 Pekerja Pabrik Bir Tewas dalam Penembakan Brutal di Winconsin AS
DPR Lantik Tiga PAW, Dua dari PDIP dan Satu Nasdem
Menteri Edhy Bertolak ke Australia Bahas Budidaya Lobster

Kritik Roy Suryo Soal Pembelian Mobil Dinas Baru Menteri: Lebih Baik Nyewa!

Kritik Roy Suryo Soal Pembelian Mobil Dinas Baru Menteri: Lebih Baik Nyewa! Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Roy Suryo (kedua kiri) (Foto: Antara/ Indrianto Eko Suwarso)

Pantau.com - Politisi Partai Demokrat Roy Suryo melemparkan kritik terkait dengan rencana pemerintah membeli mobil baru untuk menteri dan pejabat setingkat periode 2019-2024. Munurutnya kebijakan itu sangat tidak sepadan dengan masa jabatan menteri yang singkat.

Mantan menpora ini mengusulkan dari pada mengeluarkan anggaran untuk membeli mobil baru, lebih baik menggunakan jasa penyewaan.

Baca Juga: Partai Demokrat Tak Menguntungkan Bagi Jokowi, Kata Pengamat Politik

"Kalau menurut saya wacana pembelian mobil menteri atau saya dengar sudah lelang sejumlah ratusan miliar ini kurang tepat, kurang tepat kenapa? Menteri itu jabatan publik yang tidak lama masa jabatannya," kata Roy di Kompleks Parlwmwn, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

"Bagi saya sangat tidak worth it untuk membeli mobil baru, lebih baik adalah menggunakan jasa rental, rental atau pemerintah menyewa," sambungnya.

Meski mempunyai pengalaman saat menjadi menteri menggunakan mobil baru akan tetapi mobil tersebut merupakan warisan dari menteri sebelumnya. 

Sementara di sisi lain, selaras dengan prinsip Jokowi yang mengedepankan efisiensi, maka menggunakan jasa penyewaan lebih tepat saat ini.

"Mobil rental itu efisien, pemerintah tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk perawatan, perawatan ditangani oleh rentalnya dan masa pakainya juga terus bisa dimodifikasi dan diperbaharui," unkapnya.

Baca Juga: Kasus Error Bank Mandiri, Roy Suryo Sebut-sebut Bank Indonesia

"Jadi saran saya selagi di tengah kondisi resesi ekonomi ini, lebih baik gunakan mobil rental, rental itu tidak ada biaya perawatan, tidak ada nanti dilelang untul dijual kembali, lebih efisien dan lebih menghemat biaya," tandasnya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: