Pantau Flash
KPK Tetapkan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Tersangka
Covid-19 RI 16 Oktober: Kasus Positif Naik 997 dengan Pasien Sembuh 1.525
Buntut Kabur Karantina, Polda Metro Jaya Bakal Periksa Rachel Vennya 21 Oktober
Polda Metro Gerebek Holywings Tebet, Ada Ratusan Orang Masih Berkerumun
Jokowi Ogah Manjakan BUMN Sakit: Terlalu Sering Dapat Proteksi, Maaf Enak Sekali

Kunjungi Tasta Tabanan Wildlife Park, Bamsoet Dukung Konservasi Flora Fauna

Kunjungi Tasta Tabanan Wildlife Park, Bamsoet Dukung Konservasi Flora Fauna Bambang Soesatyo saat mengunjungi Tasta Tabanan Wildlife Park di Tabanan, Bali, Minggu (19/9/2021). (Foto: Istimewa)

Pantau.comKetua MPR RI sekaligus Pembina Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI), Bambang Soesatyo mendukung keberadaan Tasta Tabanan Wildlife Park sebagai wahana wisata kebun binatang yang juga memberikan edukasi kepada pengunjung tentang bagaimana merawat hewan untuk menjaga kelestariannya. Tasta Wildlife Park juga mengembangkan konservasi agar hewan yang berada di sana bisa hidup seperti di habitat aslinya.

"Tidak hanya hewan, Tasta Wildlife Park juga menjadi tempat masyarakat dalam belajar mengenai tumbuhan. Disini mengembangkan dan merawat berbagai jenis tumbuhan buah dan non buah. Tidak berlebihan jika keberadaannya dijadikan sebagai pusat belajar mengenal hewan dan tumbuhan dalam bentuk kelestarian alam," ujar Bamsoet usai mengunjungi Tasta Tabanan Wildlife Park, milik Ketua DPRD Provinsi Bali sementara I Nyoman Adi Wiryatama dari Fraksi PDIP di Tabanan, Bali, Minggu (19/9/2021).

Baca juga: Bamsoet: Amandemen UUD NRI 1945 Tak Ubah Pasal 7 Tentang Masa Jabatan Presiden-Wakil Presiden

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III Bidang Hukum DPR RI ini menjelaskan, berbagai fauna yang terdapat di Tasta Tabanan Wildlife Park antara lain, Kura-kura Brazil, Buaya Muara, Rusa Tutul, Berang-Berang Cakar Kecil, Gajah, Merak Hijau, Merak Biru, Cendrawasih, Owa Jawa, Lutung, Ular Sanca Bodo, Burung Elang Laut. Ada juga Jalak Kebo, Burung Kasuari, Elang Jawa, Elang Bondong, hingga Orang Utan.

"Sementara untuk fauna, antara lain terdapat Pohon Nangka, Durian, Kelengkeg, Kedondong, Rambutan, Nanas, Palem Merah, Ceri, Kecapi, Palem Botol, Sirsak, Sawo, Delima, Kelapa, Manggis, Lontar, hingga Kelapa Sawit," jelas Bamsoet.

Baca juga: Bamsoet Tegaskan Kecil Kemungkinan Ada Penumpang Gelap dalam Amandemen Terbatas PPHN

Kepala Badan Penegakan Hukum, Keamanan, dan Pertahanan KADIN Indonesia Indonesia ini menerangkan, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada manusia saja. Pengelola kebun binatang pun merasakan dampaknya. Menurunnya kunjungan wisatawan menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola kebun binatang agar tetap bisa merawat binatang dan tumbuhan yang dipeliharanya secara baik.

"Karenanya bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali, selain menikmati keindahan alam dan budaya, tak ada salahnya juga datang ke Tasta Tabanan Wildlife Park. Sebentar lagi kebun binatang ini akan memiliki Taman Kunang-kunang yang menurut rencana akan di resmikan Ibu Megawati Soekarno Putri saat pandemi mereda nanti. Harga tketnya pun sangat terjangkau, hanya untuk weekday Rp 40 ribu untuk dewasa dan Rp 28 ribu untuk anak-anak. Sementara weekend, Rp 60 ribu untuk dewasa dan Rp 40 ribu untuk anak-anak," pungkas Bamsoet.

Tim Pantau
Editor
Adryan N
Penulis
Adryan N

Berita Terkait: