Lemkapi Kecam Jenderal Purn Polri Bikin Gaduh soal Kematian Brigadir J

Headline
Kerabat memegang foto mendiang Brigadir J saat pemakaman kembali jenazah setelah autopsi ulang di Sungai Bahar, Muarojambi, Jambi, Rabu (27/7/2022).ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/hp.

Pantau – Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mengecam sejumlah jenderal purnawirawan Polri karena membuat pernyataan sehingga membuat kegaduhan dalam perkara kematian Brigadir J.

“Kepada para jenderal purnawirawan polisi, jangan menjadi provokator dan cari pangung,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Edi menyarankan bahwa sebaiknya para jenderal purnawirawan ikut membantu Polri untuk menyelesaikan kasus kematian Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat di rumah Irjen Pol. Ferdy Sambo yang berada di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/7/2022) agar perkara ini dapat selesai dengan cepat.

“Kami ingatkan para jenderal purnawirawan Polri, jangan buat kegaduhan di ranah publik. Jangan memberi pandangan yang menyesatkan dan membingungkan publik,” kata mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini.

Menurutnya, tidak etis rasanya melihat ada sejumlah jenderal purnawirawan Polri malah hadir di ranah publik mencari panggung dan melemparkan pernyataan yang memprovokasi dan membingungkan publik.

“Kami malah lebih bangga bila melihat para jenderal purnawirawan Polri datang ke Kapolri untuk menyampaikan dukungan, memotivasi dan memberikan masukan lewat organisasi purnawirawan Polri yang diketuai Bambang Hendarso Danuari,” katanya.

Edi menilai Polri saat ini sedang butuh dukungan semua pihak, termasuk para purnawirawan akibat derasnya tekanan dan hujatan publik atas kematian Brigadir J.

 

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Firdha Rizki Amalia