Lima Orang Tewas Dalam Musibah Banjir di Pantai Gading

Headline
Ilustrasi (Foto: Pixabay)Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau – Banjir melanda Abidjan, ibu kota ekonomi Pantai Gading setelah hujan deras semalaman. Atas musibah ini, layanan darurat mengatakan 5 orang tewas dalam bencana ini.

Selain itu, Damkar menambahkan ada 77 orang harus diselamatkan dan satu dibawa ke rumah sakit, dari sebuah bangunan yang terancam runtuh.

“Situasi banjir pada 12.40 (GMT dan lokal): 5 kematian. Operasi sedang berlangsung,” kata pemadam kebakaran setempat dalam sebuah pernyataan yang diposting di media sosial, seperti dilansir AFP, Selasa (21/6/2022).

Hujan deras mengguyur sepanjang malam, kemudian membanjiri banyak lingkungan di Abidjan dan membuat beberapa jalan utama tidak dapat digunakan. Hujan masih turun pada Selasa pagi waktu setempat.

Berdasarkan data dari badan meteorologi Pantai Gading, selama 24 jam terakhir, beberapa lingkungan di Abidjan telah mengalami curah hujan sekitar 200 milimeter, setara dengan beberapa minggu hujan.

Warga memposting foto di media sosial yang menunjukkan tingkat banjir di rumah atau lingkungan mereka dan meminta bantuan.

Pekan lalu, 6 orang tewas setelah hujan deras memicu tanah longsor di lingkungan barat kota Mossikro.

Tanah longsor selama musim hujan adalah risiko di kota yang berpenduduk lima juta orang itu. Daerah rawan banjir terjadi di tempat yang dihuni oleh warga berpenghasilan rendah.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni