Lolos Verifikasi Faktual, NasDem: Kita Sangat Bersyukur

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (Foto: partainasdem.id)Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (Foto: partainasdem.id)

Pantau.com –  Komisi Pemilihan Umum menyatakan Partai NasDem lolos verifikasi faktual, setelah KPU merampungkan proses verifikasi faktual terhadap DPP Partai NasDem sebagai syarat menjadi parpol peserta Pemilu 2019.


“Sudah dilakukan dan Partai NasDem sudah memenuhi syarat kalau secara faktualnya, tapi nanti secara resmi akan diumumkan,” ujar Komisioner KPU Hasyim Asy’ari usai melakukan Verifikasi Faktual di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu (28/1/2018).


Pentolan Partai NasDem Surya Paloh berharap, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) NasDem juga lolos verifikasi KPU.


“Tentu kita sangat bersyukur. Apresiasi. Hari ini NasDem telah selesai mendapatkan verifikasi secara faktual, kita harapkan ini juga sama dengan DPW dan DPC NasDem di seluruh Indonesia,” ucap Surya Paloh.


Baca Juga: Tegas! Surya Paloh Minta KPU Tak ‘Main-main’ dalam Verifikasi Parpol


Ia mengatakan akan mengawasi jalannya pemilu dengan mengutus dua orang kadernya sebagai saksi disetiap daerah. “NasDem mempersiapkan minimum 2 saksi. Jadi hitung saja kalau ada 1,4 juta kader partai yang disiapkan dari seluruh TPS (tempat pemungutan suara) di Indonesia. tambahnya. 


Sementara, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, dalam melakukan verifikasi faktual di lapangan tidak hanya cukup mengecek kesiapan di tingkat dewan pimpinan pusat (DPP), namun juga dilakukan di kepengurusan partai hingga tingkat dewan pimpinan wilayah (DPW) dan dewan pimpinan daerah (DPD) di 34 provinsi di seluruh Indonesia.


“Kalau sudah memenuhi syarat di tingkat DPP, itu belum cukup karena ada di 34 provinsi juga harus memenuhi syarat. Kedua harus ada pemenuhan syarat 75 persen kabupaten kota. Kalau seluruh proses ini sudah selesai, baru kemudian disimpulkan pada 17 Februari, apakah parpol memenuhi syarat di pemilu 2019,” tuturnya.

Tim Pantau
Editor
Dera Endah Nirani