Mabes Polri Tunjuk AKBP Putu Kholis Aryana jadi Kapolres Malang untuk Atasi Tragedi Kanjuruhan

Headline
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Endra Zulpan. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Pantau – Mabes Polri menunjuk AKBP Putu Kholis Aryana sebagai Kapolres Malang usai AKBP Ferli Hidayat dicopot jabatannya imbas dari tragedi Kanjuruhan yang memakan ratusan korban jiwa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan turut membenarkan penunjukan AKBP Putu sebagai Kapolres Malang.

“Iya betul, TR dari Mabes Polri,” kata Zulpan saat dikonfirmasi pada Senin (3/10/2022).

Ia mengatakan bahwa penunjukan AKBP Putu sebagai Kapolres Malang karena dianggap mumpuni untuk mengatasi persoalan pada tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu.

“Tentu pimpinan Polri telah menunjuk perwira yang tepat yang dianggap mampu untuk menjadi Kapolres Malang guna dapat segera mengatasi persoalan yang ada di sana,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung mengambil langkah tegas terkait tragedi Kanjuruhan. Listyo mencopot AKBP Ferli Hidayat dari jabatannya sebagai Kapolres Malang.

“Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin (3/10/2022).

Ferli dimutasi ke SSDM Polri. Ada pun posisi Ferli dijabat oleh AKBP Putu Kholis Aryana yang sebelumnya menjabat Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok.

Seperti diketahui, tragedi Kanjuruhan menelan korban jiwa hingga 125 orang. Selain itu ratusan lainnya mengalami luka-luka. Tragedi terjadi usai pertandingan Arema vs Persebaya pada Sabtu (1/10/2022).

Tim Pantau
Editor
M. Abdan Muflih
Penulis
M. Abdan Muflih