Pantau Flash
Gawat! Sudah 51 Perkantoran di DKI Jakarta Tutup Akibat COVID-19
Antonio Banderas Umumkan Positif COVID-19 di Hari Ulang Tahunnya
Pemerintah Perpanjang Stimulus Keringanan Listrik hingga Akhir Tahun
Rusia Jadi Negara Pertama di Dunia yang Setujui Vaksin COVID-19
Menteri Budi: Masa Pandemi Ancam Kebangkrutan Industri Penerbangan

Mahfud MD Soal Kebakaran Hutan: Indonesia Terhitung Paling Aman

Headline
Mahfud MD Soal Kebakaran Hutan: Indonesia Terhitung Paling Aman Menkopolhukam Mahfud MD memberi keterangan usai rakor yang digelar di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Jumat (6/12/2019). (Foto: Antara/Katriana)

Pantau.com - Rapat Koordinasi Gabungan tingkat kementerian dan lembaga Kabinet Indonesia Maju membahas evaluasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) 2019 serta upaya antisipasi pada di masa mendatang.

"(Kami) mengadakan koordinasi evaluasi tentang pelaksanaan, pengamanan, dan penanganan karhutla tahun 2019," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD usai rakor yang digelar di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Selain dihadiri Menkopolhukam Mahfud MD, rapat koordinasi tersebut dihadiri Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologo dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Baca juga: Lakukan Pertemuan dengan Menko Mahfud, Erick Thohir Bahas Radikalisme

Mahfud mengatakan secara umum kebakaran hutan dan lahan pada 2019 dapat tertangani dengan baik jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang memiliki masalah yang sama.

"Indonesia terhitung paling aman, meski kita masih merasakan (kebakaran hutan) di sana sini masih ada. Itu tahun 2019," katanya.

Ia menyatakan evaluasi yang dilakukan selama rapat koordinasi tersebut terhadap penanganan karhutla 2019 menunjukkan catatan cukup bagus dan cukup siap.

Baca juga: 127.462 Hektar Lahan di Kalimantan Hangus Terbakar Akibat Karhutla

Ia membandingkan hasil evaluasi itu dengan catatan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada 1997, saat jutaan hektare lahan terbakar.

"Kalau dibandingkan dengan dulu tahun 1997, itu jutaan hektare kita terbakar. Sekarang enggak," katanya.

Meski cukup bagus, ia mengatakan ada beberapa catatan dari hasil evaluasi penanganan tersebut, tanpa merinci catatan apa saja yang ia maksud.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: