Mahfud Md Temui Ayah Brigadir J, Ngapain?

Headline
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Antara)Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Antara)

Pantau – Ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat mendatangi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md. Mahfud mengatakan bahwa dirinya tidak mengeluarkan pendapat saat Samuel menyampaikan keluhan dan pandangan.

“Mereka menyampaikan keluhan dan pandangan, bahkan keyakinan dari sisi mereka tentang insiden penembakan di rumah Pak Sambo dari sisi mereka. Saya catat semua dan saya tidak berpendapat tentang kasus itu, saya hanya mencatat dan mencerna,” kata Mahfud Md di kantornya, Rabu (3/8/2022).

Dirinya mengatakan bahwa dia tidak boleh ikut campur dalam proses penanganan kasus. Ia mengaku, ia bertugas mengawal kebijakan agar kasus ditangani dengan benar dan terbuka.

“Soal pendapat dan proses itu saya tidak ikut campur. Tugas saya adalah mengawal kebijakan dan arahan Presiden, bahwa kasus ini harus dibuka dengan benar,” ucapnya.

Mahfud menyampaikan bahwa dirinya memiliki catatan dari berbagai pihak. Meskipun ia memiliki pandangan tersendiri, ia memastikan pandangannya tidak akan mempengaruhi proses hukum yang saat ini sedang berjalan.

“Saya punya catatan lengkap dari keluarga ada, dari Intelijen ada, dari purnawirawan polisi ada, dari Kompolnas ada, dari Komnas HAM ada, dari LPSK ada, dari sumber-sumber perorangan ada, Densus, BNPT,” kata Mahfud.

“Tentu saya punya pandangan nantinya, tapi pandangan saya ini tidak akan mempengaruhi proses hukum yang sekarang sedang berjalan,” sambungnya.

Tim Pantau
Editor
Renalya Arinda