Mahfud Minta Menpora Segera Panggil PSSI hingga Pemilik Klub soal ‘Bobolnya’ Aturan FIFA di Tragedi Kanjuruhan

Headline
Kepulan asap gas air mata di Kanjuruhan Malang, Jawa Timur (foto: Tangkapan layar)

Pantau – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali segera memanggil pihak-pihak yang terkait dalam tragedi Kanjuruhan.

“Kepada Menteri Pemuda dan Olahraga supaya secepatnya mengundang PSSI, pemilik klub, panitia pelaksana daerah dan lain-lain yang terkait untuk memastikan tegaknya peraturan di dalam pelaksanaan pertandingan baik yang dibuat oleh FIFA maupun diatur di dalam berbagai peraturan perundang-undangan kita sebagai bagian dari upaya evaluasi total,” ujar Mahfud saat konferensi pers di Kemenko Polhukam, Senin (3/10/2022).

Disebut-sebut gas air mata adalah aturan FIFA yang dilarang dalam pertandingan. Larangan penggunaan gas air mata tertuang dalam FIFA Stadium Safety and Security Regulations pasal 19 b) tertulis, ‘No firearms ofcrowd control gasshall be carried or used’. Aturan ini untuk mengontrol kerumunan dilarang membawa atau menggunakan senjata api dan gas.

Mahfud MD, meminta kepada Polri segara mengungkap pelaku yang terlibat dalam tragedi Kanjuruhan. Selain itu juga diminta melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan keamanan di daerah setempat selama pelaksanaan pertandingan Arema FC vs Persebaya.

Tim Pantau
Editor
Firdha Rizki Amalia