Pantau Flash
Rekor Lagi! Kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak Naik 8.369 Hari Ini
Lemhannas: Benny Wenda Tidak Punya Kewenangan untuk Deklarasi Papua Barat
Ditangkap Bareskrim di Bogor, Ustadz Maaher Jadi Tersangka Kasus UU ITE
Dari Penggeledahan Rumah Dinas Edhy Prabowo, KPK Temukan Uang Rp4 Miliar
Positif COVID-19, Kasudin Pendidikan Jaktim Meninggal Dunia

Maulid Nabi Muhammad SAW di Tengah Pndemi, Mahyeldi Beri Pandangan

Maulid Nabi Muhammad SAW di Tengah Pndemi, Mahyeldi Beri Pandangan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah. (Foto: Antara/Ikhwan Wahyudi)

Pantau.com - Calon gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengapresiasi semaraknya perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang berlangsung di Ranah Minangkabau.

"Bulan ini adalah sangat istimewa, peringatan maulid Nabi ini amat penting bagi umat Islam karena dijadikan momentum mengingat kembali sejarah Nabi, mengingat kembali kehidupan Nabi, serta sarana silaturahim umat," kata Mahyeldi, petahana Wali Kota Padang itu dalam rilis yang diterima di Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Libur Panjang, Jalanan Jakarta pun Lengang

Mahyeldi juga menjelaskan kisah ketauladanan Nabi Muhammad SAW dapat dipelajari dan diambil hikmahnya oleh seluruh elemen masyarakat. "Ketauladan Nabi Muhammad SAW, bisa dipelajari dan dijadikan panutan hidup, apabila kita selalu memperingati maulid setiap tahunnya sebagai suri tauladan," ucap Mahyeldi menjlaskan.

Mahyeldi memahami betul nilai-nilai budaya dalam peringatan pelaksanaan maulid nabi di Sumatera Barat ini yang begitu istimewa. Perayaan Maulid di setiap nagari (desa) akan berbeda-beda prosesi acara dan kemeriahannya.

"Lain lubuak (lubuk) lain ikannya, lain ladang lain ilalangnya," kata dia mengutip kata orang bijak Minangkabau.

Baca juga: Jokowi Sebut Kunci Menuju Indonesia Maju Hanya Satu

Beberapa Masjid Nagari aliran Syattariyah sebelum prosesi badikia dilakukan, Panitia melakukan dahulu ceramah oleh Tuangku seperti ceramah Muhammadiyah. Maulid Nabi Muhammad SAW di Sumatera Barat begitu heroik dan meriah.

Pasangan Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Audy selalu memberikan apresiasi untuk semua mazhab, mengajak agar umat selalu meneladani kehidupan Nabi Muhammad SAW, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan menjadi pemimpin.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: