Menanti Nasib AHY Pasca Terseretnya Nama SBY ke Dalam Pusaran Korupsi e-KTP

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Yudhoyono. (Foto: Instagram/agusyudhoyono)Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Yudhoyono. (Foto: Instagram/agusyudhoyono)

Pantau.com – Nama mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut turut berperan meloloskan proyek pengadaan e-KTP. Terseretnya pentolan Partai Demokrat itu dipercayai akan mempengaruhi karir politik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).


“Bahwa (nama SBY disebut) ada pengaruh ke AHY secara politik tentu iya,” ujar Pengamat Sosial dan Politik Maksimus Ramses Lalongkoe, Jakarta, Kamis (25/1/2018).


Ramses menuturkan, elektabilitas SBY berbanding lurus dengan sosok AHY. “Iya bisa saja mengurungkan kepercayaan publik terhadap AHY. Sebab SBY dan AHY tidak bisa terpisahkan dalam suatu ruang politik,” jelas Ramses. 


Ia menilai, Mirwan harus bisa membuktikan apa yang telah ia sampaikan di dalam persidangan. Jika benar, karir politik SBY dapat berakhir.


Baca juga: Nama SBY Terseret Korupsi e-KTP, Demokrat Lontarkan Sumpah Serapah


“Bila ada yang menyebut keterlibatan SBY, maka mereka harus mempertanggung jawabkan ucapan mereka dengan bukti-bukti yang valid sehingga tidak menjadi sebuah hembusan politik semata yang menjatuhkan SBY. Saya kira bila faktanya benar berarti tak bermaksud menjatuhkan (SBY),” paparnya. 


Sebelumnya diberitakan, mantan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Mirwan Amir secara blak-blakan menyebut adanya keterlibatan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait korupsi e-KTP yang telah merugikan negara sebesar Rp2,3 triliun.


“Saya tidak memiliki kekuatan untuk menyetop program e-KTP ini, tapi saya sudah sampaikan (SBY). Tanggapan SBY, bahwa ini menuju pilkada bahwa proyek ini harus diteruskan,” ujar mantan politisi Partai Demokrat itu di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis.


Baca juga: Blak-blakan! Mirwan Amir Sebut Nama SBY di Sidang e-KTP

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta