Pantau Flash
KKP Lumpuhkan Dua Kapal Berbendera Vietnam yang Curi Ikan di Laut Natuna
Ribuan Pekerja di DKI Jakarta Terkena PHK Akibat Pandemi Virus Korona
Kecelakaan di Tol Jagorawi, Wakil Jaksa Agung Dr Arminsyah Meninggal Dunia
Update COVID-19 di Indonesia 4 April: Korban Positif Tembus 2 Ribu Orang
Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Capai 519 Orang

Menengok Pekerja Migran di Malaysia Jadi Pengibar Bendera di 17 Agustus

Headline
Menengok Pekerja Migran di Malaysia Jadi Pengibar Bendera di 17 Agustus Pekerja Migran Indonesia bertugas sebagai petugas Upacara HUT ke-74 RI di KJRI Kuching, Malaysia, Sabtu (17/8/2019) (Foto: Dok.KJRI Kuching Malaysia)

Pantau.com - Ratusan WNI memadati halaman KJRI Kuching, Malaysia, untuk melaksanakan upacara detik-detik proklamasi dan pada tahun ini pihak KJRI melibatkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagai petugas upacara.

Salah satunya adalah Nurzen yang didapuk sebagai Komandan Upacara, demikian rilis dari Dirjen Imigrasi Kemenkumham. Diungkapkan bahwa Nurzen yang telah bekerja di Kuching pada sektor konstruksi sejak tahun 1991 tersebut mengaku merasa bangga dan terhormat dipercaya oleh KJRI Kuching untuk bertugas sebagai Komandan Upacara.

Setelah melalui pelatihan intensif selama satu bulan lebih tugas sebagai komandan upacara dapat dilaksanakan dengan baik.

Baca juga: Selain Indonesia, Ini 5 Negara Paling Santai di Dunia

Konjen RI Kuching, Yonny Tri Prayitno, menyampaikan bahwa sebagai salah satu Perwakilan Citizen Service, KJRI Kuching ingin terus merangkul para WNI, khususnya PMI, untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan di KJRI Kuching.

Dia berharap dengan adanya pelibatan tersebut dapat menjadi sebuah kebanggaan bagi mereka serta dapat memupuk rasa nasionalisme meskipun sedang berada di negeri orang.

Baca juga: HUT RI ke-74, Ini Dia Suku Unik Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

Selepas upacara bendera, KJRI Kuching melaksanakan pesta rakyat yang dihadiri oleh ratusan WNI yang tinggal di sekitar wilayah Kuching.

Pesta rakyat yang diinisiasi oleh Konsul Fungsi Pensosbud tersebut diisi dengan berbagai perlombaan khas peringatan kemerdekaan RI seperti lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, bakiak dan panjat pinang.

Para peserta nampak sangat antusias dalam mengikuti perlombaan tersebut meskipun di bawah terik matahari Kuching.


Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni