Mengharukan! 77 Penyelam Kibarkan Bendera dan 178 Tukik di Taman Laut Pandanan Lombok

Headline
Penyelam memegang bagian Bendera Merah Putih yang dikibarkan di dalam perairan Taman Laut Pandanan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (16/8/2022). (ANTARA/HO-Eko)

Pantau – Sebanyak 77 penyelam mengibarkan Bendera Merah Putih dan melepas 178 tukik di dalam perairan Taman Laut Pandanan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, untuk memperingati ulang tahun ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari ini Selasa (16/8/2022), pengibaran bendera di Taman Laut Pandanan melibatkan penyelam dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar, Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang Wilayah Kerja Gili Matra, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat, Polisi Air dan Udara Polda Nusa Tenggara Barat, TNI Angkatan Laut, Badan SAR Nasional, serta Dinas Kelautan dan Perikanan Nusa Tenggara Barat.

Mahasiswa dari Universitas Mataram serta anggota Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat, Yayasan Deep Blue Sea, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pandanan, Pokmaswas Deep Blue Sea, dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara juga terlibat dalam kegiatan pengibaran bendera tersebut.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat Ruspono mengatakan bahwa selain pengibaran bendera di dalam laut, peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan RI juga meliputi kegiatan pelepasan 178 tukik di perairan Taman Laut Pandanan.

Menurut dia, jumlah tukik yang dilepaskan merupakan gabungan dari tanggal dan bulan kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu tanggal 17 dan bulan 8.

“Tukik-tukik tersebut berasal dari penetasan semi alami yang dilakukan oleh Kelompok Pelestari Penyu Kerabat Penyu Lombok di Desa Kuranji Dalang, Lombok Barat,” katanya.

Peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan RI, ia melanjutkan, juga mencakup penurunan 20 unit media transplantasi karang dengan struktur tetrahedron yang dibuat dari ban mobil bekas isi beton di area kebun bibit karang Taman Laut Pandanan serta pembersihan sampah di dasar dan permukaan laut.

Selain itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat​​​​​​​ mengadakan lomba mewarnai bagi sekitar 200 siswa SDN Malaka yang ikut menyaksikan pengibaran bendera di dalam perairan Taman Laut Pandanan.

“Yang paling penting bagi insan kelautan dalam momen perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI adalah menyampaikan pesan bahwa menjaga alam adalah tanggung jawab bersama,” kata Ruspono.

​​​​​​​Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat Muslim mengatakan bahwa tema peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan RI yakni “Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”.

“Pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa,” katanya.

Menurut dia, tema itu merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni