Pantau Flash
Kemenhub: 3 Maskapai Langgar Aturan Kapasitas Pesawat
Camat di Perbatasan Negara Bakal Punya Kewenangan Multidisiplin Ilmu
Percepat Ekspor-Impor, Mendag Dorong Ekosistem Logistik Nasional
Mabes Polri Larang Seluruh Kegiatan Keramaian di Tingkat Wilayah
Jaksa Agung Bantah Pernah Komunikasi dengan Djoko Tjandra

Menkes Terawan Sebut Kata Ini 3 Kali dalam Acara Doa Perawat untuk Negeri

Menkes Terawan Sebut Kata Ini 3 Kali dalam Acara Doa Perawat untuk Negeri Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: Antara)

Pantau.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyampaikan terima kasih sekaligus duka cita mendalam kepada para perawat yang telah gugur dalam perang melawan COVID-19.

"Saya mewakili pemerintah menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para perawat yang telah bekerja keras dan berdedikasi tinggi dalam penanganan wabah COVID-19. Rasa duka cita mendalam juga saya sampaikan atas gugurnya 48 perawat dalam perjuangannya memberikan pelayanan kepada pasien untuk melawan COVID-19 ini," kata Menkes Terawan dalam acara Doa Perawat untuk Negeri secara virtual di Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Baca juga: Menkes Terawan: 11 Ribu Tempat Tidur Disiapkan untuk Pasien OTG COVID-19

Ia mengatakan sampai hari ini ada 2.310 perawat dari 16.286 tenaga medis yang ditempatkan oleh Kemenkes untuk membantu menanggulangi COVID-19. Dari 2.310 perawat tersebut, 48 perawat diantaranya telah gugur dalam perjuangan memberikan pelayanan kepada pasien yang terpapar COVID-19.

Ia mengatakan, sampai saat ini masih banyak tenaga kesehatan yang sakit atau meninggal akibat terpapar COVID-19. Hal itu menunjukkan bahwa lingkungan kerja para tenaga medis sangat berisiko terhadap paparan penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh tenaga medis dan masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penularan COVID-19.

"Kunci utama dalam pencegahan penularan COVID-19 adalah dengan disiplin, disiplin dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Kasus Positif Harian COVID-19 Naik 3.507 Total 225.030

Selain menyampaikan duka cita, Menkes Terawan juga mengatakan bahwa Presiden telah menginstruksikan kepada menteri keuangan dan dirinya sebagai menteri kesehatan untuk memberikan santunan kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah gugur, sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras mereka melawan COVID-19.

Dalam perjuangan melawan COVID-19, ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, sehingga mata rantai penularan penyakit COVID-19 dapat segera diputus.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: