Pantau Flash
Kasus Positif COVID-19 Harian di RI Bertambah 3.891 per 18 September
Jaksa Pinangki Jalani Sidang Perdana 23 September 2020
Helikopter PT NUH yang Hilang Kontak Diduga Mendarat Darurat di Paniai
DPR: Alarm Kesekian Kalinya untuk Pejabat di Kemenkes RI
5 Mayat Ditemukan dalam Lemari Pendingin Kapal saat Berlayar di Pulau Pari

Menteri PUPR Sebut Ada Tiga Negara Tawarkan Bantuan Desain Ibu Kota Baru

Headline
Menteri PUPR Sebut Ada Tiga Negara Tawarkan Bantuan Desain Ibu Kota Baru Ilustrasi Kalimantan. (Foto: Antara)

Pantau.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ada tiga negara menawarkan bantuan untuk merancang desain ibu kota baru. Tiga negara tersebut yakni Amerika Serikat, China dan Jepang.

Usai pertemuan antara para pemenang sayembara ibu kota baru dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Jumat (3/1/2020), Basuki mengatakan tawaran itu diberikan dengan tetap mengutamakan desain hasil sayembara.

"Basic design oleh para pemenang sayembara menjadi dasar karena ini Indonesia-nya. Kalau ada yang mau membantu, karena banyak sekali ya, dari Amerika, Jepang, China yang ingin membantu desainnya," katanya.

Basuki mengatakan pertemuannya dengan pemenang sayembara dan Menko Luhut dilakukan karena Luhut ingin mengetahui desain ibu kota yang terpilih dalam sayembara.

Baca juga: Wapres Minta Pemprov Sulbar Bersiap Jadi Penyangga Ibu Kota Baru

"Karena dulu Pak Menko belum ikut rapat pada saat sebelum penetapan, beliau ingin tahu kayak apa itu. Kemudian dijajaki apakah perlu kalau mau diimprovisasi dengan asing, dengan internasional. Tapi bukan sayembara," katanya.

Dalam pertemuan itu, lanjut Basuki, Luhut menginformasikan ada beberapa konsultan asing yang ditugasi oleh negaranya untuk membantu Indonesia. Keterlibatan konsultan swasta nantinya hanya fokus di desain, namun belum diketahui apakah akan terlibat juga dalam pendanaan.

"Itu mereka ditugasi oleh negaranya. Itu mereka bilateral kerja sama antarnegara," katanya.

Lebih lanjut, Basuki mengatakan tidak semua konsultan tersebut nantinya akan diterima oleh pemerintah. Pasalnya, pemenang sayembara juga dapat memberikan pertimbangan karena memiliki penilaian dengan konsultan yang berpengalaman.

Ia mengatakan pemerintah Indonesia juga tidak akan memberikan timbal balik ke negara pemberi bantuan itu. "Kalau itu hibah kan enggak ada (timbal balik)," ujarnya.

Baca juga: MenPUPR Pastikan Tindak Lanjuti Desain Ibu Kota Baru Pemenang Sayembara

Sebelumnya Kementerian PUPR melalui Tim Juri mengumumkan para pemenang sayembara gagasan desain Ibu Kota baru Negara.

Pemenang terbaik pertama diraih oleh gagasan desain Nagara Rimba Nusa, sedangkan pemenang terbaik kedua yakni desain The Infinite City.

Sedangkan pemenang terbaik ketiga adalah desain Kota Seribu Galur, sementara pemenangan harapan satu dan dua masing-masing diraih oleh desain Zamrud Khatulistiwa serta Banua Nusantara.

Setelah diumumkan, para pemenang akan diajak langsung ke lokasi ibu kota baru untuk survei lapangan. Pemenang pertama, kedua dan ketiga akan dilebur menjadi satu tim yang nantinya akan menghasilkan desain final.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: