Pantau Flash
Kemenkes Tegaskan Imunisasi Harus Jalan Selama Pandemi Korona
Jusuf Kalla: Fatwa MUI DKI 2001 Perbolehkan Salat Jumat 2 Gelombang
Gugus Tugas: Skema Herd Immunity Butuh Waktu yang Lama
Pakar Dorong Tes Serologi Massal di Era Normal Baru
Bekasi Berhasil Keluar dari Zona Merah COVID-19 Usai 2 Bulan PSBB

Meski Tuai Kritik, Lima Pimpinan KPK yang Baru Akan Disahkan DPR Siang Ini

Headline
Meski Tuai Kritik, Lima Pimpinan KPK yang Baru Akan Disahkan DPR Siang Ini Aksi di Gedung KPK (Foto: Antara)

Pantau.com - DPR RI akan menyelenggarakan rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin siang dengan sejumlah agenda di antaranya menyetujui lima pimpinan KPK yang sebelumnya sudah dipilih oleh Komisi III.

Berdasarkan jadwal dari Bagian Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI, rapat paripurna diselenggarakan mulai pukul 13:00 WIB.

Baca Juga: Jokowi Diminta untuk Segera Melantik 5 Pimpinan Baru KPK

Persetujuan DPR RI terhadap lima orang pimpinan KPK dimulai dari laporan pimpinan Komisi III yang melaporkan hasil uji kelayakan dan kepatutan serta pemilihan pimpinan KPK dari 10 nama menjadi lima nama.

Kemudian, pimpinan DPR RI akan meminta persetujuan dari forum rapat paripurna dan kemudian menyetujuinya.

Kelima nama pimpinan KPK terpilih adalah Firli Bahuri (ketua/Polri), Nawawi Pomolango (wakil ketua/hakim), Alexander Marwata (wakil ketua/incumbent), Nurul Ghufron (wakil ketua/dosen hukum) dan Lili Pintauli Siregar (wakil ketua/LPSK).

Berdasarkan aturan perundangan, setelah disetujui oleh DPR RI, kelima nama pimpinan KPK akan diserahkan kembali oleh pimpinan DPR RI kepada Presiden untuk dilantik menjadi pimpinan KPK definitif periode 2019-2023.

Baca Juga: Anggota Komisi III: Pimpinan KPK Ingin Permalukan Presiden

Sebelumnya, sebanyak 10 nama calon pimpinan KPK menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI pada 11 dan 12September 2019. Kemudian dipilih menjadi lima nama melalui mekanisme pemungutan suara atau voting pada Jumat 14 September 2019 dinihari.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: