Pantau Flash
Awas! Muncul Varian Lokal RI, Lebih Ganas Ngga Ya?
Berburu Pakaian Impor di Pasar Senen Jakarta Pusat, Harga Mulai Rp 10 Ribu
Honda Civic Turbo Tabrak Empat Kendaraan di Jakpus, Sopirnya Masih ABG dan Mabuk
Wah, Ada Arahan Kapolri yang Tidak Dijalankan Anak Buahnya
Roy Suryo Temukan Fakta Baru Video Miss Kay Mirip Nagita Slavina, Apa Ya?

Minta Mahasiswa Turunkan Tensi, Ketua DPR: Tuntutan Sudah Kami Penuhi

Minta Mahasiswa Turunkan Tensi, Ketua DPR: Tuntutan Sudah Kami Penuhi Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Pantau.com/ Bagsakara Isdiansyah)

Pantau.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta untuk para mahasiswa menurunkan tensi dan tak perlu lagi melakukan aksi. Pasalnya, menurutnya Bamseot permintaan mahasiswa untuk menunda pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan RUU Pemasyarakatan sudah dilakukan DPR dan Pemerintah.

"Saya mengimbau kepada adik mahasiswa agar menurunkan tensi karena semua tuntutannya sudah kita penuhi terkait RKUHP dan RUU Pemasyarakatan," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/9/2019).

Baca Juga: Soal Aksi Mahasiswa, MenkumHAM: Datang ke Saya Kita Berdebat!

Ia mengungkapkan, DPR telah menunda pengesahan RKUHP dan RUU Pemasyarakatan atas permintaan Presiden Jokowi dan aspirasi masyarakat.

Sementara itu, menurutnya RUU Pertanahan dan RUU Mineral dan Batu Bara (Minerba) masih dalam proses pembahasan sehingga tidak perlu dilakukan penundaan karena belum pengambilan keputusan.

"RUU Minerba dan RUU Pertanahan berbeda dengan RKUHP dan RUU Pemasyarakatan. RUU Pertanahan dan RUU Minerba masih dalam proses pembahasan jadi tidak perlu dilakukan penundaan karena belum pengambilan keputusan," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia meminta agar para mahasiswa memahami bahwa apa yang dilakukan DPR dengan menunda pengesahan RKUHP dan RUU Pemasyarakatan, bukan hanya atas usulan pemerintah namun mendengar aspirasi mahasiswa.

Karena itu dia membantah isu negatif terkait beberapa isi dari RUU Pemasyarakatan misalnya narapidana bisa cuti dan jalan-jalan di mall.

Baca Juga: Eva PDIP: Bola Panas Ada di Tangan Mahasiswa, Bukan DPR dan Presiden

"Banyak hal yang dipelintir lalu membuat suasana panas sehingga saya jelaskan, tidak ada hal-hal seperti itu. Namun untuk menurunkan tensi dan memenuhi aspirasi publik dan usulan Presiden maka dua RUU kami tunda," tandasnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: