Mitsuhiro WNI Jepang yang akan Dideportasi Subuh Hari

Headline
Ilustrasi. (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)Ilustrasi. (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau – Warga negara Jepang yang jadi buronam internasional yang korupsi dana bantuan COVID-19 di Negeri Sakura, Mitsuhiro Taniguchi, bakal dideportasi. Dia dideportasi saat Subuh nanti.

“Iya betul,” ujar Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh ketika dikonfirmasi, Selasa (21/6/2022).

Taniguchi akan dibawa dari Ditjen Imigrasi, Kemenkumham, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022) pukul 03.45 WIB.

Sebelumnya diberitakan, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan deportasi Taniguchi bakal didampingi NCB Interpol. Dia menyebut Kepolisian Jepang juga akan datang ke Indonesia untuk mengawal proses deportasi.

Kabar Anyar WN Jepang Buron Mitsuhiro Taniguchi Ditangkap di RI
“NCB Interpol akan mendampingi saat deportasi. Direncanakan tim dari Kepolisian Jepang akan datang ke Indonesia untuk backup pengawalan tersangka saat deportasi,” ujar Irjen Dedi.

Kasus Mitsuhiro Taniguchi
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyebutkan, buronan asal Jepang Mitsuhiro Taniguchi (47) diamankan di Lampung setelah keberadaannya terdeteksi imigrasi.

“MT diamankan saat berada di Kalirejo, Lampung Tengah, oleh pihak Imigrasi Bandar Lampung bersama Polsek Kalirejo, Polres Lampung Tengah,” kata Dedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Dedi menyebutkan informasi diamankannya warga negara Jepang itu diperoleh dari hasil koordinasi dengan pihak imigrasi.

Menurut dia, setelah pihak Jepang mencabut paspor Mitsuhiro Taniguchi, subjek terdeteksi berada di Kalirejo, Lampung Tengah, lalu diamankan oleh imigrasi.

“Ia diamankan pada Selasa tanggal 7 Juni pukul 22.30 WIB,” kata Dedi.

Setelah diamankan, lanjut Dedi, buronan polisi Tokyo tersebut selanjutnya diserahkan ke Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian untuk ditindaklanjuti sesuai dengan Undang-Undang Keimigrasian.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni