Pantau Flash
Peneliti Indonesia Ikut Riset Gabungan Temuan Obat Covid-19 di Bawah WHO
Presiden Jokowi: Pemerintah dengan BI dan OJK Optimalkan Kebijakan Moneter
Kepanikan Akibat Korona Mereda, BI: Modal Asing Mulai Masuk
Seluruh Atlet PBSI Negatif COVID-19 Usai Jalani Rapid Test
Pegadaian Ajak Masyarakat untuk Gunakan Transaksi Digital

Mobil Dinas Baru Menteri, Fadli Zon Setuju tapi Singgung IMF World Bank

Mobil Dinas Baru Menteri, Fadli Zon Setuju tapi Singgung IMF World Bank Fadli Zon (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memberikan penilaian lain dari rencana pembelian mobil dinas baru untuk menteri dan pejabat setingkatnya sebesar Rp147 miliar. 

Menurutnya, kebijakan tersebut bukan suatu pemborosan pasalnya dengan duit yang sudah digelontorkan ada barang yang bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Heboh Mobil Dinas Baru Menteri, HNW: Mending Anggarannya Buat SDM Unggul!

"Ya maksud saya masih ada barangnya, masih keliatan. Dan mungkin masih bisa dipakai 5-10 tahun yang akan datang," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Fadli juga menilai kebijakan untuk membeli mobil baru ini sudah melalui berbagai macam pertimbangan. Pasalnya mobil dinas yang digunakan menteri dan pejabat setingkatnya saat ini menurutnya sudah berusia 9 sampai 10 tahun.

"Ya kalau angkanya saya enggak tau ya, tetapi pastilah itu harusnya ada kalkulasi. Dan mestinya itu ada hitung-hitungannya gitu, karena ini sudah lama. Kecuali mobil itu baru saja 2014. Tapi setahu saya mobil yang dipakai ini dari tahun 2009. Jadi usianya sudah 10 tahun," ungkapnya.

Lebih lanjut, justru menurut Fadli ada yang lebih boros dari sekadar rencana pembelian mobil baru. Fadli kembali mengungkit pemerintah telah melakukan pemborosan saat mengelar acara IMF World Bank yang dinilainya memakan biaya hampir Rp1 triliun.

"Ya dari dulu kita juga mengkritik. Tahun lalu misalnya ada penyelenggaraan yang namanya world bank IMF meeting saja itu habis kurang lebih hampir Rp1 T. Iya kan? Bulan Oktober tahun lalu, itu hampir Rp1 T untuk seminar doang untuk pertemuan world bank. Ini 147 (miliar rupiah), masih mending ada mobilnya. Yang dulu sisanya apa itu? Hasilnya apaan tuh yang IMF world bank yang hampir Rp1 T tahun lalu," tandasnya.

Baca Juga: Kritik Roy Suryo Soal Pembelian Mobil Dinas Baru Menteri: Lebih Baik Nyewa!

Sebelumnya diberitakan, Menteri-menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendapatkan mobil dinas baru. Anggaran untuk pengadaan mobil ini lebih dari Rp147 miliar. 

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Rabu (21/8/2019), pemerintah telah melakukan Pengadaan Kendaraan Menteri Negara/Pejabat Setingkat Menteri. Pengadaan ini sudah dimulai pada 19 Maret 2019 dan kini lelang tender tersebut sudah selesai.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: