Pantau Flash
Dilarikan ke Puskesmas! Puluhan Warga Alami Luka Bakar Akibat Awan Panas Gunung Semeru
Jembatan Penghubung Lumajang-Malang Putus Diterjang Lahar Dingin Gunung Semeru!
Polri Sosialisasikan Pengangkatan 57 Eks Pegawai KPK Pekan Depan
Gunung Semeru Meletus, Gubernur Khofifah Perintahkan Segera Evakuasi Warga
Gunung Semeru Erupsi, Warga Diperingatkan untuk Selamatkan Diri

MUI Ajak Masyarakat Meriahkan Pekan Solidaritas Palestina

MUI Ajak Masyarakat Meriahkan Pekan Solidaritas Palestina Ilustrasi. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak masyarakat, pimpinan MUI daerah, hingga organisasi keagamaan Islam se-Indonesia untuk memeriahkan Pekan Solidaritas Palestina yang berlangsung pada 23 hingga 29 November.

"Kegiatan ini demi mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaanya," ujar Ketua Komisi Luar Negeri MUI Bunyan Saptomo dalam diskusi yang diikuti dari Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan Pekan Solidaritas Palestina ini, kata dia, merujuk pada resolusi PBB No.32/40B yang diperingati setiap 29 November.

Baca juga: MK Nyatakan UU Cipta Kerja Bertentangan dengan UUD 1945, Begini Reaksi Pemerintah

Resolusi tersebut memuat dua hal yakni menugaskan Sekjen PBB membentuk unit khusus yang melakukan studi dan penyebaran informasi mengenai hak-hak Palestina, serta menyelenggarakan solidaritas untuk Palestina setiap 29 November.

"Kedua, menyerukan kepada semua negara dan organisasi di seluruh dunia untuk melaksanakan acara yang diamanatkan resolusi ini," kata dia.

Bunyan menjelaskan Pekan Solidaritas Palestina ini dapat diisi diskusi oleh sejumlah kegiatan seperti diskusi, ceramah yang diadakan di masjid, universitas, TV, radio, dan saluran media lainnya.

MUI Pusat mengawali kegiatan lewat diskusi tentang dunia Islam termasuk Palestina secara daring dan luring pada 25 November 2021 lewat siaran Youtube.

Pada kegiatan puncak 29 November 2021, akan dilakukan penandatanganan secara virtual MoU kerja sama pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH) antara MUI dengan Wali Kota Hebron, Palestina.

"Selain itu, (akan ada) wawancara oleh media MUI dengan Ketum MUI dan sejumlah tokoh ormas Islam serta pimpinan lembaga amal terkait dengan hari solidaritas untuk rakyat Palestina dan fundraising RSIH," kata dia.

MUI dan Wali Kota Hebron telah sepakat untuk kerja sama membangun RSIH dengan biaya Rp87 miliar. Hingga saat ini dana terkumpul sudah mencapai Rp24.754.103.225. Angka itu masih jauh dari target yang ditetapkan.

Maka dari itu, ia mengajak masyarakat untuk saling rembug berdonasi pembangunan RSIH yang bisa dikumpulkan melalui rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan nomer rekening 8425314000 a/n Majelis Ulama Indonesia.


 

Tim Pantau
Editor
Noor Pratiwi
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: