Pantau Flash
Quartararo Tercepat di Hari Kedua Uji Coba Qatar
Ji Xinping: Perjuangan China Hadapi Korona Masih pada Tahap Genting
Apple Dikabarkan Tunda Peluncuran iPhone 9 Akibat Virus Korona
Komisioner KPAI Sitti Himawatty Minta Maaf Soal Hamil di Kolam Renang
Survei Indo Barometer: Prabowo Diunggulkan Jadi Capres 2024, Anies Kedua

NasDem Akan Legawa Jika Jokowi Hanya Ambil Tokoh Non Koalisi Jadi Menteri

NasDem Akan Legawa Jika Jokowi Hanya Ambil Tokoh Non Koalisi Jadi Menteri Surya Paloh (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Partai NasDem mengaku akan legawa jika nanti Presiden terpilih Joko Widodo  hanya memilih menteri dalam kabinet dari kalangan profesional non partai koalisi. Jika hal tersebut benar-benar dilakukan maka hal tersebut memenuhi keinginan semua pihak.

"Walaupun kecil kemungkinannya kalau itu keputusan Pak Joko Widodo kami tentu dukung," kata Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Namun kendati begitu, Johnny meyakini jika Jokowi nantinya hanya mengakomodir orang-orang non partai koalisi dijadikan sebagai menteri, maka ia pasti akan merundingkan hal tersebut kepada parpol koalisi. Terkait dengan manfaat kebijakan tersebut ke depan misalnya.

Baca Juga: Jika Dukung Jokowi Lalu Tak Dapat Jatah Menteri, Demokrat: Tak Masalah

"Untuk terkait dengan itu konsesi dan komitmen politik besar yang setimpal yang seimbang itu harus dibicarakan. Karena masyarakat sudah melihat yang satu sudah bergerak ke kiri yang satu ke kanan bagaimana supaya bergerak bersama-sama harus ada konsesi besar dan konsesi besar ini apa namanya? Adalah konsesi politik," ungkapnya.

Menurut Johnny hingga sejauh ini, baik Jokowi maupun wakilnya Ma'ruf Amin belum membicarakan perihal kemungkinan hanya mengambil orang-orang dari non partai koalisi.

"Kalau itu memenuhi keinginan kita semuanya silakan tapi saat ini barangkali belum dibicarakan itu," tuturnya.

Lebih lanjut, ketika disinggung terkait kemungkinan Jokowi benar-benar tidak akan mengakomodir orang-orang di luar partai koalisi untuk menjadi menteri, Johnny menjawab secara diplomatis.

Baca Juga: Hanura: Jangan Bebani Jokowi Soal Kursi Menteri!

"Pak Jokowi kan bilang mesti dibicarakan dengan partai politik dulu kalau belum dibicarakan ya belum lah. Jangan sampai ruang publik diisi dengan sampah politik dan justufikasi," tandasnya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: