Nasihat Djarot kepada Gibran Soal Maju Pilgub: Fokus saja di Solo

Headline
Djarot Saiful Hidayat (Foto: Instagram/djarotsaifulhidayat)Djarot Saiful Hidayat (Foto: Instagram/djarotsaifulhidayat)

Pantau – Mantan wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk fokus memimpin Kota Solo. Dirinya menyampaikan hal tersebut di Rapat Kerja Nasional (rakernas) PDIP II di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022).

“Mas Gibran diberikan kesempatan menjadi seorang pemimpin itu tidak instan, biarkan dia fokus terlebih dulu di Solo,” kata Djarot.

Dirinya menyampaikan bahwa ia ingin Gibran melanjutkan perjuangan ayahnya, diketahui Presiden Jokowi juga pernah memimpin kota Solo.

“Fokus saja di Solo untuk kerja maksimal, untuk lebih memajukan rakyat Solo, untuk bisa betul-betul apa yang sudah diletakkan oleh Pak Jokowi, Pak Rudy itu bisa ditingkatkan Mas Gibran,” ujarnya.

Menurut Djarot, PDIP akan lebih fokus pada pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024. Ia beranggapan bahwa Pilkada masih lama, kemudian Djarot menasehati Gibran untuk kerja maksimal untuk memajukan rakyat Solo.

“Untuk ke depan itu nanti melalui proses toh masih sangat lama, masih 2024, jadi sudah fokus saja di Solo untuk kerja maksimal untuk lebih memajukan rakyat Solo,” katanya.

Ia juga menambahkan kalau seorang pemimin itu harus melalui ujian ketika mendapatkan kekuasaan.

“Kualitas seseorang akan ditentukan apabila dia mendapatkan kekuasaan, semuanya nanti diuji termasuk Mas Gibran,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka menjawab wacana maju pemilihan gubernur yang dilontarkan oleh politisi PDI Perjuangan Puan Maharani beberapa waktu lalu.

“Saya fokus di Solo dulu, garap Asean Para Games,” kata Gibran di Solo, Selasa (21/6/2022).

Gibran juga mengaku telah melakukan komunikasi politik dengan Ketua DPR RI Puan Maharani, dan menyampaikan pertemuan dengan senior itu wajar jika ada masukan dan saran.

Ia mengatakan tidak membicarakan mengenai provinsi untuk pemilihan gubernur secara spesifik.

“Tidak secara spesifik seperti itu, intinya banyak saran dan masukan. Ya nanti dulu (provinsi yang akan diikuti untuk rencana Pilkada),” tambahnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Reporter
Renalya Arinda